IMPLEMENTASI PROGRAM IPTEK BAGI GURU DALAM MEMBANGUN E-LEARNING DI SMA IBA PALEMBANG

Authors

  • Hastha Sunardi Universitas Indo Global Mandiri
  • Dewi Sartika Universitas Indo Global Mandiri
  • Hendra Di Kesuma Universitas Indo Global Mandiri
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.533

Abstract

Memperkenalkan dan mentransfer pengalaman untuk suatu tujuan yang bermanfaat, khususnya dalam perkembangan dunia pendidikan merupakan kewajiban kita bersama. Bentuk implementasinya dapat dilakukan, diantaranya dengan mewujudkan suatu kegiatan sebagaimana kita kenal Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Artikel ini memaparkan hasil kegiatan pengabdian dengan tujuan dapat memberikan manfaat berupa: mengenalkan teknologi pembelajaran berbasis web/android, mewujudkan e-learning sebagai model pembelajaran yang cukup efektif, meningkatkan kualitas peran dan kemandirian bagi guru dan siswa, dan menjadikan e-learning sebagai salah satu media interaksi antara guru dan murid. Dalam pelaksanakan menggunakan metode partisipatif  dan dialogis  yang ternyata memberikan hasil, diantaranya : pihak sekolah, khususnya baik kepala sekolah maupun para guru mengerti dan memahami tentang model pembelajaran e-learning; adanya motivasi yang cukup tinggi dari para peserta (guru) untuk mengimplementasikan e-learning dengan menggunakan aplikasi edmodo, terlihat begitu interaktifnya peserta selama mengikuti pelatihan; peserta yang sebelumnya belum memiliki akun dan belum tahu cara membuatnya, melalui pelatihan ini mampu membuat dan telah memiliki akun dan dengan mengaplikasikan e-learning yang telah dibuat diharapkan dapat memberikan motivasi bagi guru dan siswa dalam berinteraksi, baik di ruang kelas maupun di luar kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Kata kunci : e-learning, partisipatif, dialogis, edmodo, pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hastha Sunardi, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Komputer

Dewi Sartika, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Hendra Di Kesuma, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Imelda Saluza, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

Azhar. 2008. Media Pembelajaran. no. 1, pp. 1–13. Penerapan Media Pembelajaran dengan Edmodo. 17 November 2016. https://lukvifebrianti.wordpress.com/2016/11/17/penerapan-media-pembelajaran-edmodo/

Georgiev, T. Georgieva, E and Smrikarov, A.2004. M-Learning- a New Stage of Е –Learning. Int. Conf.

Comput. Syst. Technol 1(1) : 1–5.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8 (1) :19-35.

Ramadhani. M. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan.pp. 1–30, 2012.

Sanderson, P, E. 2002. E-Learning: strategies for delivering knowledge in the digital age. Internet High.Educ 5(2) : 185–188.

Yazdi, M. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. J. Ilm.Foristek 2(1) : 143–152.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Sunardi, H., Sartika, D., Kesuma, H. D., & Saluza, I. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM IPTEK BAGI GURU DALAM MEMBANGUN E-LEARNING DI SMA IBA PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2). https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.533

Issue

Section

Articles