PKM KELOMPOK PERAJIN RENDO BANGKU DI NAGARI KOTO GADANG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT

Authors

  • Rahmad Washinton ISI Padangpanjang
  • Ranelis Ranelis ISI Padangpanjang
  • Kendall Malik ISI Padangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.723

Abstract

ABSTRAK

Kerajinan rendo bangku merupakan mata pencaharian pokok perekonomian sebahagian masyarakat Koto Gadang. Usaha rendo bangku ini telah membudi daya di lingkungan masyarakat Koto Gadang. Terutama kaum ibu, remaja putri juga anak-anak yang merupakan generasi penerus kerajinan rendo bangku. Rendo bangku yang dibuat oleh perajin Koto Gadang hanya terbatas pada perlengkapan adat yaitu untuk hiasan tepi selendang wanita Koto Gadang. Perajin rendo bangku Koto Gadang dalam memasarkan produknya hanya di daerah Koto Gadang itu sendiri karena kebutuhan adat bagi masyarakat Koto Gadang pada umumnya. Pemasaran rendo Koto Gadang masih sangat terbatas sehingga rendo Koto Gadang belum dapat diketahui oleh masyarakat lain pada umumnya. Tujuan program PKM ini adalah memberikan pelatihan pengembangan desain motif dan produk, untuk meningkatkan daya saing di pasar global ataupun internasional dan juga untuk meningkatkan taraf hidup perajin rendo bangku Koto Gadang. Melihat potensi tersebut untuk meningkatkan pendapatan para pengrajin perlu adanya pengembangan desain motif, produk dan pemasaran produk  rendo bangku Koto Gadang.

Kata kunci : Rendo Bangku, desain, motif, produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmad Washinton, ISI Padangpanjang

Program Studi Seni Kriya, Jurusan Kriya

Ranelis Ranelis, ISI Padangpanjang

Program Studi Pendidikan Kriya, Jurusan Kriya

Kendall Malik, ISI Padangpanjang

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain

References

Esde, Erni, et al. (1994-1995), Kerajinan Sulaman Sumatra Barat, Musium Negeri Sumatra Barat “Adhityawarmanâ€, Padang, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Marah, Risman, Ragam Hias Minangkabau. (1987-1988), Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan.

Razni, Sita Dewi, Mity J. Juni, dan Rebecca Dahlan. (2005), Pakaian Tradisional Koto Gadang, Bukittinggi, Penerbit Yayasan Kerajinan Amai Setia.

Ranelis, Washinton, Rahmad. (2016), Rendo Bangku Koto Gadang, Padangpanjang, Penerbit ISI Padangpanjang.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Washinton, R., Ranelis, R., & Malik, K. (2019). PKM KELOMPOK PERAJIN RENDO BANGKU DI NAGARI KOTO GADANG KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1). https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.723

Issue

Section

Articles