PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN MICROSOFT POWER POINT DAN PELATIHAN INTERNET UNTUK MENGHADAPI KURIKULUM K-13 DI SMPN 20 PALEMBANG

Agustina Heryati, Dhamayanti Dhamayanti

Abstract


Guru merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengelolaan pendidikan dalam kegiatan proses ngajar mengajar di sekolah, oleh karena itu kompetensi guru harus di perhatikan dengan baik oleh pihak sekolah. Peningkatan kompetensi Guru harus di tingkatkan dalam menghadapi tantangan  kurikulum K-13. Tantangan Kurikulum K-13 dalam hal kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat dan maju sehingga menuntut Guru harus memiliki kompetensi di bidang komputer. Guru di wajibkan mahir dalam pengoperasian komputer baik , sehingga Guru membutuhkan pelatihan komputer sebagai tambahan.  Pelatihan komputer dapat  membatu Guru dalam segala bidang salah satunya dalam dunia pendidikan yakni dalam proses ngajar mengajar di Sekolah SMPN 20 Palembang. Salah satunya Pelatihan Microsoft Power Point dan Pelatihan Internet. Pelatihan ini bertujuan agar Guru dapat membuat pembelajaran yang menarik dan inovatif dapat juga memberikan tampilan yang bervariatif dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran dan memberikan banyak pengetahuan dan penambahan materi pembelajaran bagi Guru di sekolah. Kompetensi Guru semakin meningkat dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang baik  bagi Siswa/i di SMPN 20 Palembang juga dan memiliki daya jual yang baik bagi Guru tersebut. Peningkatan Kompetensi Guru melalui pelatihan Microsoft Power Point dan Pelatihan Internet di SMPN 20 Palembang diharapkan dapat memberikan masukan yang baik bagi sekolah dan dapat menambah kualitas dan kuantitas Guru di SMPN 20 Palembang dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah SMPN 20 Palembang.

Kata kunci : Kompetensi Guru, Microsoft Power Point, Internet, Kurikulum K-13

Full Text:

PDF

References


Heryati, A., & Afriyani, F. 2017. Pelatihan Pembukuan Dan Manajemen Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Smpn 26 Kota Palembang. 1(1), 41–45.

Pratiwi, H. I. 2018. Pelatihan Microsoft Office Selatan. 8–13.

Said, H. 2015. Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95–119. Retrieved from http://www.jurnalhunafa.org/index.php/hunafa/article/view/383

Suharmanto, A. dan S. 2017. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, (5), 24–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v3i1.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.