PKMS JASA CUCI PAKAIAN RUMAHAN IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SEKIP JAYA, RT 21 RW 07 PALEMBANG SUMATERA SELATAN

Ery Hartati, Usnia Wati Keristin

Abstract


Kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang bertujuan untuk membantu penghasilan keluarga dengan semangat emansipasi wanita mereka berjuang untuk membantu monopang kebutuhan keluarga. Beralamat di kelurahan sekip jaya, RT/RW 21/08, Palembang Sumatera Selatan. Salah satu tugas pokok Tri darma Perguruan tinggi adalah memberikan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu kami selaku dosen STMIK MDP ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat agar dapat membantu mereka dalam mengembangkan usahanya terutama pada ibu-ibu rumah tangga dimana mereka bertujuan untuk meringankan beban kepala keluarga. Tujuan dari program PKMSS ini adalah untuk memberikan pemahaman, pembekalan, dan pelatihan kepada mitra dalam aspek produksi, pemasaran dan promosi usaha, permodalan, dan pembukuan usaha, agar usaha mereka dapat lebih berkembang dan memberikan penghasilan yang lebih baik. Target yang ingin dicapai adalah teratasinya masalah-masalah seperti : kapasitas produksi yang rendah, kualitas dan daya tahan produk.,. Sedangkan luaran yang diharapkan antara lain : pengadaan mesin cuci yang optimal, penampungan air bersih, adanya pembukuan usaha, adanya merek, kantong plastik, dan kartu nama sebagai atribut promosi. Agar tujuan, target, dan luaran dalam program PKMSS ini dapat direalisasikan dengan baik maka mekanisme pelaksanaan terdiri dari 4 tahap, yaitu persiapan dan perencanaan (sosialisasi dan penyusunan program), implementasi, evaluasi dan monitoring, dan refleksi. Semua tahapan dilakukan dengan metode partisipatif melalui teknik observasi, wawancara, FGD, dan pengambilan keputusan bersama.

Kata kunci : PKMSS, Jasa Cucian Pakaian, Pelatihan, Pemberdayaan Wanita

Full Text:

PDF

References


Evans, Liana. 2009. Social Media Marketing: Strategies for Engaging in Facebook, Twitter & Other Social Media. Princeton: University Press

Kasih, Yulizar dan Rini Aprilia. 2013.”The Competitiveness of Indonesian Micro- Small-Medium Enterprises (MSMEs) Facing ASEAN Economic Community (AEC) in 2015”, Proceeding, ICEISM 2014, p.159.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. ”Usaha Kecil di Indonesia : Profil, Masalah, dan Strategi Pengembang” . www.mudrajad.com (diakses 26/12/2018).

Kurniawan, Aris. 2019. Pengertian Media Sosial – Sejarah, Fungsi, Peran, Jenis, Ciri, Pertumbuhan, Dampak, Para Ahli. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-sosial/ (diakses 12 April 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v3i2.821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.