PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOLABORASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIRTUAL

Authors

  • Hastha Sunardi Universitas Indo Global Mandiri
  • Dewi Sartika Universitas Indo Global Mandiri
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.822

Abstract

Pembelajaran Berbasis Komputer adalah suatu bentuk model pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi web dan internet. Berbagai istilah digunakan untuk mengemukakan gagasan tentang pembelajaran elektronik, antara lain adalah: on-line learning, internet-enabled learning, virtual learning, web based distance education, e-learning, web  based  teaching  and  learning. Selanjutnya  penulis   memilih   pembelajaran   elektronik  dengan istilah  pembelajaran virtual (virtual learning). Belum sepenuhnya penerapan pembelajaran virtual pada beberapa institusi pendidikan, khususnya pendidikan tinggi sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2013, maka penting untuk diperkenalkan penerapannya. Berbagai upaya terus dilakukan oleh para ahli, yang tentu saja agar diperoleh luaran  yang lebih baik. Maka kini muncul pendekatan baru yang dinamakan Blended e-Learning. Model ini merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual.  Berangkat dari model ini, maka salah satu solusi alternatif agar proses pembelajaran sesuai yang diharapkan adalah dengan mengelaborasikan pembelajaran konvensional dan pembelajaran virtual, yaitu dengan tujuan jika terjadi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran konvensional, maka pembelajaran virtual dapat dilakukan, sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Hasil pengabdian, diantaranya memberikan pemahaman tentang pembelajaran virtual dan bagaiamana membangunnya, mampu memanfaatkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, dan membuka mata pengajar akan penting teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah, baik dengan komputer maupun telpon genggam.

Kata kunci : e-learning, pembelajaran virtual, dialogis, edmodo, pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hastha Sunardi, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Komputer

Dewi Sartika, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Imelda Saluza, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

Budiningsih, A. C. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta.

Bibit Sih Handoko. 2017. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. http://guraru.org/guru-berbagi/virtual-learning-pemanfaatan-teknologi-informasi- dan-komunikasi-untuk-meningkatkan-kualitas-pembelajaran/ , diunduh 22 Agustus 2019

Permendikbud. 2013. Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi. https://jdih. kemdikbud.go.id/arsip/permen_tahun2013_nomor109.pdf , diunduh 13 Agustus 2019

Rabiah Adawi. 2008. Pembelajaran Berbasis E-Learning. http://digilib.unimed. ac.id/541/1/ Pembelajaran%20Berbasis%20E-Learning.pdf , diunduh 22 Agustus 2019

Soekartawi.2006. Blended/hybrid learning : Altematif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia (http://uny.ac.id) , diunduh 24 Agustus 2019

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Sunardi, H., Sartika, D., & Saluza, I. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOLABORASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIRTUAL. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2). https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.822

Issue

Section

Articles