IMPLEMENTASI E-MUSEUM DR. AK. GANI PALEMBANG

Authors

  • Shinta Puspasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Luis Marnisah Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.827

Abstract

Aplikasi berbasis Web untuk pengelolaan koleksi museum dr.AK.Gani berupa e-Museum yang sekaligus dapat berperan sebagai ruang pamer virtual. E-Museum dimanfaatkan untuk pengelolaan informasi mengenai koleksi yang dimiliki oleh museum dr.AK.Gani berupa buku-buku, foto, serta benda peningggalan Pahlawan Nasional MayJen (Purn) dr.AK.Gani.  Sosialisasi aplikasi telah dilakukan dengan berbagai cara, yatu Sosialisasi pada Pameran Sriwijaya Expo di bulan Agustus 2019 serta publikasi lewat media massa. Desain perangkat informative yang didesain sebagai media penyampaian informasi yang lebih menarik telah dibuat dan menjadi alternative bagi pengunjung museum untuk mendapatkan inforasi terkait museum. E-Museum telah diujicobakan kepada kepala museum serta pengguna umum dan diketahui bahwa aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan pengguna menjadi lebih tahu mengenai museum dr.AK.Gani serta tertarik untuk dating ke museum. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan layanan dan memudahkan pengunjung mengakses informasi mengenai museum dr.AK.Gani sehingga tertarik untuk datang ke museum dan berdampak pada peningkatan layanan dan ekonomi museum dr.AK.Gani.

Kata kunci : e-Museum, dr.AK.Gani, manajemen koleksi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Shinta Puspasari, Universitas Indo Global Mandiri

Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer

Luis Marnisah, Universitas Indo Global Mandiri

Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi

References

Rohanda & S. Agustina, “Manajemen Koleksi (Collection Management) Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi â€, Jurnal Iqra Vol.4 No.1 Mei 2010.

Triana Santi, “Manajemen Koleksi (Collection Management) Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi â€, Jurnal Iqra Vol.4 No.1 Mei 2010.

Ulce Oktrivia, “e-Museum: Komodifikasi Informasi Koleksi Museumâ€, Jurnal Naditira Widya Vol.8 No.1 Tahun 2014.

Yunus, Hadi Sabari. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Bungin, M. Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2007.

Pressman, Roger.S. Rekayasa Perangkat Lunak. Buku 1. Edisi 7.Penerbit Andi. 2012.

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Puspasari, S., & Marnisah, L. (2019). IMPLEMENTASI E-MUSEUM DR. AK. GANI PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2). https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.827

Issue

Section

Articles