Kajian Pendidikan Lingkungan Hidup Di Indonesia

Authors

  • Herda Sabriyah Dara Kospa Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jtg.v10i1.1722

Abstract

Pendidikan lingkungan merupakan salah satu faktor penting dalam meraih keberhasilan dalam pengelolaan lingkungan hidup, juga menjadi sarana yang sangat penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan. . di Indonesia, pendidikan lingkungan hidup belum sepenuhnya di dukung oleh pihak pemerintah maupun swasta, ini terlihat dari masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan hidup dan semakin meningkatnya degradasi lingkungan akibat dari aktifitas yang di lakukan oleh khususnya pihak swasta. Berdasarkan kajian mengenai pendidikan lingkungan hidup kurang berkembangnya Pendidikan Lingkungan Hidup selama ini disebabkan oleh berbagai kelemahan pada, antara lain: (1) Kebijakan pendidikan nasional; (2) Kebijakan pendidikan daerah; (3) Unit pendidikan (sekolah-sekolah) untuk mengadopsi dan menjalankan perubahan sistem pendidikan yang dijalankan menuju Pendidikan Lingkungan Hidup; (4) Masyarakat sipil, lembaga swadaya masyarakat, dan dewan perwakilan rakyat untuk mengerti dan ikut rnendorong terwujudnya Pendidikan Lingkungan Hidup; (5) Proses-proses komunikasi dan diskusi intensif yang memungkinkan terjadinya transfer nilai dan pengetahuan gunapembaruan kebijakan pendidikan yang ada. Oleh karena itu, kegiatan pendidikan lingkungan harus dilakukan secara berkelanjutan, holistik dan dengan perspekstif jangka panjang serta sinergi antar stakeholder. Di saat banyak perusahaan  swasta yang tidak fokus terhadap pendidikan lingkungan hidup, Panasonic telah menerapkam beberapa program pendidikan lingkungan yang melibatkan 16 negara di dunia yaitu Kid Witness News (KWN), Eco Picture Diary (EPD), dan Eco Learning World Heritage (ELWH).

Author Biography

Herda Sabriyah Dara Kospa, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

References

Ali, Achmad. 2012. “Green Innovation†untuk Indonesia Melalui Eco Company Panasonic. (http://www.lensaindonesia.com/2012/09/14/green-innovation-untuk-indonesia-melalui-eco-company-panasonic.html).

Fadli, Ade. 2005. Pendidikan Lingkungan Hidup: Bukan untuk pembebanan baru bagi siswa. (http://timpakul.web.id/plh-4.html).

Kementerian Lingkungan Hidup (Kemenlh) 2012.(http://www.menlh.go.id/DATA/FINAL_ISI_25_Januari_2012.pdf).

Lensaindonesia.com. 2012. “Green Innovation†untuk Indonesia Melalui Eco Company Panasonic. (http://www.lensaindonesia.com/2012/09/14/green-innovation-untuk-indonesia-melalui-eco-company-panasonic.html).

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). 2011. Panasonic Kids School Eco Learning Program di Taman Nasional Ujung Kulon. (http://www.ujungkulon.org/berita/167-panasonic-kids-school-di-tnuk).Panasonic Indonesia. 2011. Eco in Oour Hand. (http://m.club.panasonic.co.id/Id_NewsDetails?id=a0UF000000HYTDVMA5)

Tunas Hijau Indonesia. 2012. Jakarta Eco School. (http://jakartaecoschool.org/?page_id=2). Sriyandi, 2010. Pendidikan Lingkungan.

Pendidikan Lingkungan. Anonim. (http://sriyandi.wordpress.com/2010/05/13/pendidikan-lingkinhan-hidup/).

Widaningsih, Lilis. 2012. Pendidikan Lingkungan Hidup: Membelajarkan Anak pada Kearipan Alam. (http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/Jur._Pend._Teknik_Arsitektur/197110221998022-Lilis_Widaningsih/PLH.pdf).

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Dara Kospa, H. S. (2021). Kajian Pendidikan Lingkungan Hidup Di Indonesia. Jurnal Tekno Global, 10(1). https://doi.org/10.36982/jtg.v10i1.1722

Issue

Section

Articles