Kajian Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Pertambangan (Studi Kasus PT.Antam Tbk)

Authors

  • Herda Sabriyah Dara Kospa Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jtg.v10i2.1725

Abstract

Corporate Sosial Responsibility (CSR) itu sendiri merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial yang harus dilaksanakan oleh sebuah perusahaan terhadap daerah dan masyarakat sekitar perusahaan yang terkena dampak dari aktivitas perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung Pihak perusahaan dituntut memiliki kepedulian terhadap masyarakat dengan mengedepankan kepentingan jangka panjang dan keberlanjutan daripada kepentingan kepentingan sesaat melalui program CSR. Corporate Social Responsibility (CSR) bukan lagi sekadar kewajiban perusahaan, tetapi menjadi sebuah strategi yang dikembangkan oleh perusahaan. Implementasi CSR yang dilakukan PT Antam Tbk terdiri dari tiga bentuk, yaitu Program Pengembangan Kemasyarakatan, Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan. Semua desa yang ada di sekitar PT Antam Tbk menerima ketiga program tersebut, antara lain berbentuk pembangunan infrastruktur desa, pengembangan pendidikan, perbaikan kesehatan, bantuan modal, dan pelatihan untuk pengembangan usaha.. Selain itu, ada ketiga program yang ditangani oleh PT Antam yang bermuatan pengembangan masyarakat, yaitu : pengembangan program kemitraan (PK), Bina Lingkungan (BL), dan pengembangan masyarakat, disambut positif oleh masyarakat. Masyarakat berharap bantuan ini akan diperbesar dari tahun ke tahun. Diharapkan perusahaan-perusahaan yang melakukan CSR mempertahankan dan meningkatkan kepeduliannya pada lingkungan dan masyarakat agar tercipta lingkungan yang bersih dan masyarakat yang lebih baik, Kedua, upayakan program CSR dapat membangun kemandirian masyarakat dan sustainable (berlanjut) hingga saat PT Antam Tbk  tidak beroperasi kembali di wilayah tersebut dan Ketiga, bagi semua perusahaan untuk tidak menganggap CSR sebagai kegiatan menghambur-hamburkan uang, tapi dijadikan sarana investasi. Kegiatan CSR tersebut harus dirancang dengan baik dan penuh perencanaan, bukan semata-mata hanya untuk menjaga eksistensi sebuah perusahaan, sehingga program dapat tepat sasaran dan masyarakat mendapat manfaat secara penuh dari adanya program-program CSR tersebut.

Kata Kunci : CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Keberlanjutan

Author Biography

Herda Sabriyah Dara Kospa, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

References

Alizar, M. Alizar. 2006. Hand Book : Corporate Social Responsibility (CSR) : Penerapan Prakarsa Multi Stakeholder dalam Mendukung Penerapan CSR yang Berkelanjutan pada Industri Minyak dan Gas Bumi.

Annual report Antam : Sustainability Report Antam. 2006. Palembang : Fakultas Ekonomi Unsri didukung oleh Partnership For Governance Reform in Indonesia, Uni Eropa, dan P3EMFE Unsri.

Susanto, A. B. 2007. Corporate Social Responsibility : A Strategic Management Approach. Jakarta : The Jakarta Consulting group.

Wibisono, Yusuf. 2002. Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik : Fascho Publishing.

Downloads

Published

2020-06-21

How to Cite

Dara Kospa, H. S. (2020). Kajian Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Pertambangan (Studi Kasus PT.Antam Tbk). Jurnal Tekno Global, 9(1). https://doi.org/10.36982/jtg.v10i2.1725

Issue

Section

Articles