Perancangan Infografik sebagai Media Pendukung Sosialisasi KPU ke Daerah Terpencil

Authors

  • M. Edo Pratama Putra universitas indo global mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i1.1748

Abstract

Pada tahun 2019 Komisi Pemilihan Umum  mengadakan Pemilihan Umum berupa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. diantara tugas yang dijalankan KPU adalah berupa sosialisasi Pemilihan Umum ke daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia. Daerah terpencil menjadi perhatian utama KPU dalam upaya peningkatan partisipasi Pemilu pada tahun 2019, karena daerah terpencil menjadi salah satu penyumbang angka Golput terbesar di Pemilu tahun 2014. Salah satu penyebab kurangnya angka partisipasi pemilih adalah diantaranya sedikitnya pengetahuan dan informasi masyarakat tentang Pemilu di daerah-daerah terpencil Indonesia. Salah satu daerah terpencil yang tingkat partisipasinya sangat rendah adalah Desa Tegal Rejo Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Desa ini terletak di daerah perbukitan yang menjadi salah satu daerah rawan bencana. Desa Tegal Rejo belum mendapat sosialisasi dari KPU Kabupaten Gunung Kidul dan masyarakat desa masih banyak yang tidak mendapat informasi mengenai Pemilihan Presiden 2019. Dari permasalahan yang terjadi, penulis menemukan usulan pemecahan masalah yaitu dengan membuat sebuah “Perancangan Infografik sebagai Media Pendukung Sosialisasi KPU ke Daerah Terpencilâ€. Adapun pada perancangan ini berisikan tentang Informasi Pemilu 2019, seperti pengenalan calon berupa profil setiap calon peresiden dan wakil presiden, tata cara mencoblos, waktu dan tempat pelaksanaan hingga syarat-syarat menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dan media yang dibuat akan diberikan kepada KPU untuk menjadi bahan sosialisasi ke daerah-daerah terpencil di Indonesia.

References

Anggraini S, Lia., Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Nuansa Cendikia. Jakarta.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Dimensi Press, Yogyakarta.

Krum, R. 2013. Cool Infographics: Effective Communication with Data Visualizationand Design. John Wiley & Sons.

Lankow, J., & Ritchie, J. 2014. Infografis: Kedahsyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2009. Layout Kasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko Sumbo.2009. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra.Yogyakarta.

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta, www.diy.kpu.gi.id diakses pada tanggal 23 Desember 2018 Pukul 19.28 WIB.

Downloads

Published

2021-10-12

Issue

Section

Articles