Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Repertoar Musik I untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kepekaan Individu Mahasiswa dalam Pertunjukan Paduan Suara di Prodi Sendratasik FKIP-Universitas Jambi

Authors

  • Ofa Yutri Kumala Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi
  • Sri Ramadhanti Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi
  • Ikhsan Satria Irianto Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2467

Abstract

Penelitian penerapan model Project Based Learning (PjBL) adalah upaya menemukan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan dan kepekaan individu mahasiswa dalam pertunjukan paduan suara di Prodi Sendratasik, FKIP- Universitas Jambi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Apa langkah-langkah metodologis penyusunan bahan-bahan ajar yang sistematis dan disertai dengan pedoman pembelajaran yang mengantarkan pada pencapaian keutuhan CPL matakuliah Repertoar Musik I. 2). Bagaimana menerapkan model Project based Learning (PjBL) dalam melaksanaan bahan ajar yang sistematis pada pembelajaran mata kuliah Repertoar Musik I. Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan proses pembelajaran di Prodi Sendratasik, khususnya pada mata kuliah Repertoar Musik I pada Semester II. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bernyanyi dengan tema teknik vokal, pernafasan diafragma, artikulasi, dinamika, head voice dan timbre. Indikasi peningkatan tersebut tergambar dari meningkatnya rata-rata dari nilai belajar mahasiswa.

References

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. CV Budi Utama. https://www.google.co.id/ books /edition/Pengembangan_Model_dan_Metode_Pembelajar/MfomDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Darmadi.+2017.+Pengembangan+Model+dan+Metode+Pembelajaran+dalam+Dinamika+Belajar+Siswa.+Yogyakarta:+CV+Budi+Utama.&pg=PR5&printsec=frontcover.

Grant, M. M. (2002). Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian, 5(1). http://www.idetportfolio.com/ uploads/7/2/2/5/7225909/_grant_project_based_learning.pdf

J. Stivers, & Brandon, G. (2010). Project-Based Learning Why Use It? Educational Psychology, ESPY 505, 1–8.

Marwiyah, St, Alauddin, dan U., & Khaerul. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 13. CV Budi Utama. https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran_Kontemporer_Ber/V09mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Mendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Nazir.M. 2011. Metode Penelitian. (7th. Ed) Ghalia: Indonesia.

Sani, Ridwan Abdullah.2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi aksara.

Setyaningtyas. W.E. Potensi Metode 1:4:P:C:R Untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudyaan, Vol 9 No 2 111-12 Sugiyono. 2005. Memahami penelitian kualitatif . CV Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 438 / PDF downloads: 303