Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Teknik Tari 1 di Prodi Sendratasik FKIP-Universitas Jambi

Authors

  • Dony Osmond Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata kuliah Teknik Tari 1 di Prodi Sendratasik, FKIP-Universitas Jambi. Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran alternatif  yang memfokuskan pada eksplorasi dan kolaborasi. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain: question, plan, schedule, monitoring, facilitate the proscess, dan evaluation. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan CPL mata kuliah Teknik Tari 1. 2). Bagaimana menerapkan Project based Learning (PjBL) pada mata kuliah Teknik Tari 1. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengimplementasikan teori ke dalam gerak dalam mata kuliah Teknik Tari 1 di Prodi Sendratasik, FKIP-Universitas Jambi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah nilai hasil belajar mahasiswa meningkat dan memenuhi syarat. Kriteria peningkatan ini diuji dalam dua kali pertemuan dan yang diuji adalah beberapa teknik tari, seperti Roll Depan, Roll Belakang, Hansdstand, Headstand, Kick, Kayang, Split, Koprol, dan Cium lutut.

References

Riduwan, A., I. Triyuwono, G. Irianto, dan U. Ludigdo . 2010. Semiotika Laba Akuntansi: Studi Kritikal -Posmodernis Derridean . Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 7(1): 38–60.

American Sport Education Program USA Gymnastics (2011), Coacing Youth Gymnastics, USA: America.

Anonim (2008) Code Of Points Sport Aerobic 2009-2012, copyright FIG, Edition 2009.

David Person (1991) Gymnatics Printed In England By Clasy Ltd,St.Iren.Plc.

Fannk I.Bare (1980) The Complate Gymnatics Book, Ks Giniger Company Inc.

Grant, M. M. (2002). Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian, 5(1). http://www.idetportfolio.com/ uploads/7/2/2/5/7225909/_grant_project_based_learning.pdf.

Indra Utama, (2003). Komposisi Tari/Koroegrafi. STSI: Padang Panjang.

Irianto, Ikhsan Satria, (2021). Visi Dramatik Soekarno

Dalam Drama Rainbow: Poetri Kentjana Boelan. Melayu Arts and Performance Journal, Vol. 4, No. 2, 2021, Padangpanjang.

Robby Hidayat, (2011). Koreografi/kreativitas. Kendil: Yogyakarta

Widiyoko, SEP. (2007). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajarn. IPS SMP. UNY

Yogyakarta.

Y.Sumandiyo Hadi, (2014). Koreografi Bentuk Teknik Isi. Cipta Media Yogyakarta

Y.Sumandiyo Hadi, (2003). Mencipta Lewat Tari. Mantili: Yogyakarta

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles