Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i1.1059Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of competence, motivation and work environment both partially and jointly on the performance of lecturers of the Yogyakarta Private University. This research is a quantitative research. Data collection using a questionnaire method (questionnaire) that has been tested for validity and reliability, while data analysis is done using multiple linear regression analysis. This research stamp was a lecturer in the Private University of Yogyakarta with a sample collection technique using convenience sampling. The results showed that: 1) Competence has a significant effect on the performance of lecturers, this is indicated from the results of the t-test of 11,687 with a significance of 0,000. 2) Motivation has a significant effect on the performance of lecturers, this is indicated from the results of t count of 4.330 with a significance of 0,000. 3) The Work Environment does not affect lecturer performance. 4) Competence, Motivation and Work Environment together have a significant effect on the performance of lecturers, this is indicated by an F count of 64,466 with a significance of 0,000. With a large effect of 77.5%, while the remaining 22.5% is influenced by other independent variables that are not thorough.
Keywords: Competence, Motivation, Work Environment, Performance ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja dosen Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sempel penelitian ini adalah dosen Perguruan Tinggi Swasta Daerah Istimewa Yogyakarta dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan convinience sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, hal ini ditunjukan dari hasil uji t hitung sebesar 11,687 dengan signifikansi 0,000. 2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, hal ini ditunjukan dari hasil t hitung sebesar 4,330 dengan signifikansi 0,000. 3) Lingkungan Kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja dosen. 4) Kompetensi, Motivasi dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen, hal ini ditunjukan dengan F hitung sebesar 64,466 dengan signifikansi 0,000. Dengan besar pengaruh sebesar 77,5%, sedangkan sisanya sebesar 22,5% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak teliti.
Kata Kunci:Â Kompetensi, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja
References
Adhila Fitroh, Dyah Fitriani, dan Deny Ismanto. 2013. Modul Praktikum Statistik 2. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.19-20.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Gaspersz, Vincent. 2011. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Malcolm Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Karina, Nadia. 2017. Analisis Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT, PLN Persero Kantor Distributor Wilayah Lampung. Tesis. Lampung, Universitas Lampung.
Riyanda, Muhammad., 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerta Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sidanti, Heny. 2015. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negreri Sipil Di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiunâ€. Jurnal JIBEKA V ol. 9. (hlm.44-53). Madiun. STIE Dharma Iswara Madiun.
Sujarweni. V. Wiratna. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta; Graha Ilmu
Yusron Razak, Darwyan Syah dan Abd Aziz. (2016). “Kepemimpinan Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggiâ€. Jurnal
ISSN PRINT : 2089-6018 ISSN ONLINE : 2502-2024
Penelitan Manajemen
Jakarta. Universitas
Hidayatullah.
.......... 2016. “Surat
V ol. 1No.2 (hlm.40-41). Islam Negeri Syarif
Edaran BAN PTâ€
https://lldikti12,ristekdikti.go.id/2016/12/01/surat- edaran-ban-pt.html. Diakses pada 12 Juni 2019 pukul 07:29 WIB
.......... 2016. “Mengenal Google Form Untuk Kebutuhan Survey Andaâ€, https://idcould host.com/mengenal-google-form-untuk-kebutuhan- survey-anda/, Diakses pada 2019 pukul 08.00 WIB
.......... 2019. “Berkas Akreditasi 2015 ke BAN-PT†https://dac.telkomuniversity.ac.id/penyerahan- berkas-akreditasi-2015-kenan-pt. Diakses pada 02 Agustus 2019 pukul 19.34 WIB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Â
LP2M Indo Global Mandiri University has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that has been published in this journal.