Rekomendasi Sistem Perankingan Hasil Recruitment Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Authors

  • Evi Yulianti Universitas Indo Global Mandiri
  • Suryati Suryati Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v12i2.1943

Abstract

Untuk memilih karyawan baru  yang baik dan sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan oleh perusahaan tentunya dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit hal ini dibutuhkan untuk membuat system, sedangkan perusahaan membutuhkan karyawan baru dengan segera. Oleh sebab itu dibutuhkan system untuk mendukung kegiatan tersebut, system yang dilengkapi kemapuan  mengelolah kriteria dan dapat memecahkan masalah  ataupun kemampuan untuk mengkomunikasikan masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur dimana belum di ketahui oleh siapapun secara pasti bagaimana keputusan tersebut di tetapkan. Pemecahan masalah  yang di buat tentunya sesuai dengan kebutuhan usernya, oleh sebab itu dalam system yang peneliti buat dilengkapi dengan  Decession Support System (DSS),yang dapat di gunakan oleh para Decession maker untuk mengatasi permasalahan perangkingan calon karyawan agar tidak salah memilih karyawan dan perusahaan dapat melakukan perangkingan calon karyawan terbaik dari sekian banyak calon karyawan yang baik yang tentunya memenuhi kriteria-kriteria yang telah di tentukan oleh perusahaan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat di terapkan untuk memenuhi keinginan perusahaan tersebut  agar tidak salah memilih karyawan. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan system pengambilan keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sedangkan permodelan system yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML.) System yang di bangun menggunakan software PHP, database yang digunakan adalah Mysql.

 

Keywords : DSS, SAW, UML, PHP, Mysql

Author Biographies

Evi Yulianti, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Suryati Suryati, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

Mahudi. (2014a). Pemodelan sistem e-recruitment karyawan berbasis web studi kasus pt. Xyz, Lentera ICT, Vol. 2, No. 1, hal. 30–36.

Haryono, A. A. (2012). Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pacitan. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pacitan, Vol. 4, No. 3, 1–9.

Jayanti, E. (2015a). Penerapan metode simple additive weighting dalam sistem pendukung keputusan perekrutan karyawan ( studi kasus : pt . Perkebunan Nusantara Iii Medan ), Pelita Informatika Budi Darma, Vol. 4, No. 3, (April), 149–154.

M, I. A., Marisa, F., Wijaya, I. D., Kunci, K., & Pendukung, S. (2017). Penerimaan dan penilaian karyawan warehouse dengan aplikasi web, Vol. 1,No. 2.

Kastanti, Satoto & Widianto, (2015). Sistem informasi evaluasi pelayanan publik puskesmas berbasis website pada kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 3, No. 1, (Januari), hal. 103-109.

Rosa, dan Shalahuddin. (2014), Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Presman. (2012), Rekayasa Perangakat Lunak Struktur dan Berorientasi Objel, Informatika.

Hermala, Aditya & Wikusna. (2016a), aplikasi presensi siswa dan guru berbasis web dan sms gateway di smp negeri 34 bandung, e-Proceeding of Applied Science, Vol. 2, No. 3, (December).

Pambudi, A. (2013). Implementasi Model Perangkat Lunak Pelayanan Informasi Kegiatan Belajar Mengajar Tingkat Slta Dengan Berbasis Operating System Android, 9(September), 108–120.

Novita & Sari. (2015), sistem informasi penjualan pupuk berbasis e-commerce, Jurnal Teknoif, Vol. 3, No. 2, (Oktober).

Ariessanti, Putri & Indriyani. (2016), sistem informasi internship management application system (imas) berbasis web pada pt. Gmf aeroasia cengkareng, Vol. 9, No. 3, (Agustus).

Priyadna, A., & Kusuma Riasti, B. (2013), Pembuatan Sistem Informasi Nilai Akademik Berbasis SMS Gateway Pada SMP Negeri 3 Pringkuku Pacitan. Pembuatan Istem Informasi Nilai Akademik Berbasis SMS Gateway Pada SMP Negeri 3 Pringkuku Pacitan, vol.2 no 1, 1–6.

Syahriani, S., & Satria, J. (2017). Rancangan Aplikasi E-Recruitment Karyawan Dengan Metode Waterfall. Swabumi, Vol. 5, No. 2, 137–141.

Syahrizal, M. (2012). Perancangan sistem aplikasi pembuatan roster mata kuliah pada perguruan tinggi. Perancangan sistem aplikasi pembuatan roster mata kuliah pada perguruan tinggi, Vol. 1, hal. 37–45.

Andri Kristanto. (2008). Perancangan Sistem Informasi. Gava Media. Yogyakarta

Jogiyanto. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Yulianti, E., & Suryati, S. (2021). Rekomendasi Sistem Perankingan Hasil Recruitment Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Ilmiah Informatika Global, 12(2). https://doi.org/10.36982/jiig.v12i2.1943

Issue

Section

Articles