Rancang Bangun Sistem Informasi Digital Layanan Administrasi Publik Desa Berbasis WEB Responsive

Authors

  • Ahmadi Ahmadi STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Hengki Juliansa STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.731

Abstract

ABSTRACT

Public services in all forms of service activities carried out by central agencies, regions and the environment of state-owned or regional business entities in the form of goods and or services can be said to be obligations that must be carried out by public service providers in accordance with statutory provisions. The form of service provided by public service providers is certainly still much that must be addressed and carried out evaluations certainly aim to improve the quality of public services to the public. The process of public administration services in the village of Tanjung Kecamatan Muara Kelingi, Musi Rawas Regency was carried out based on community visits to the village office, then data collection of population identities, recording community needs for the desired administrative services and following up on community needs so that the process took time and cost. From these problems, it is necessary to build a digital information system that is responsive web-based public administration service where the community can process the application for making a statement from the village through the system and the community can also obtain certificates printed through digital information systems after the proposal is validated and approved by the village head. So as to provide convenience for the village community in getting the desired cover letter.

Keywords : SDLC, public services, administration, responsive web

ABSTRAK

Pelayanan publik segala bentuk kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh instansi pusat, daerah dan lingkungan badan usaha milik Negara atau daerah dalam bentuk barang dan atau jasa hal ini dapat dikatakan sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh lembaga penyedia pelayanan publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Bentuk pelayanan yang diberikan oleh penyedia pelayanan publik tentunya masih banyak yang harus dibenahi dan dilakukan evaluasi tentunya bertujuan untuk meningkatan kualitas layanan publik kepada masyarakat. Proses pelayanan administrasi publik didesa Tanjung Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas dilakukan berdasarkan kunjungan yang dilakukan masyarakat ke kantor desa, kemudian pendataan identitas penduduk, mencatat keperluan masyarakat terhadap layanan administrasi yang diinginkan dan menindaklanjuti kebutuhan masyarakat untuk diketahui oleh kepada desa sehingga dari proses tersebut membutuhkan waktu dan biaya. Dari permasalahan tersebut maka perlu dibangun suatu sistem informasi digital layanan administrasi publik berbasis web responsive yang mana masyarakat dapat melakukan proses permohonan usulan pembuatan surat keterangan dari desa melalui sistem dan masyarakat juga dapat memperoleh surat keterangan yang dicetak melalui sistem informasi digital setelah usulan divalidasi dan disetujui oleh kepala desa. Sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat desa  dalam mendapatkan surat pengantar yang diinginkan.

Kata kunci : SDLC, pelayanan publik, administrasi, web responsive

Author Biographies

Ahmadi Ahmadi, STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

Manajemen Informatika

Hengki Juliansa, STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

Sistem Informasi

References

Alandari, F. 2013. Peran Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Lingkungan, 1(1), 182–194.

Arsyad, L., & Sodiq, A. 2014. Pelaksanaan Pelayanan Publik (Studi Kasus Administratif di Kantor Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir). Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/110.21043/equilibrium.v3i2.1268

Hendrianto, D. E. 2014. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security ISSN: 2302-5700 (Print) 2354-6654 (Online, 3(4), 2354–6654.

Hidayatulloh, S., & Mulyadi, C. 2015. Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candigatak Berbasis Web. Jurnal IT CIDA, 1(1), 42–55.

Novianty, C. 2017. Review Konsep Responsive Design Dengan Framework Materialize Pada Website. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(1), 41–44. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i1.140

Nurmanina, A., Riska, & Harihanto. 2013. Jurnal (11-07-13-09-58-07). EJournal Sosiatri-Sosiologi, Vol. 1, pp. 37–49.

Sari, I. L. 2016. Penyelenggaraan Pelayanan Pembuatan Akta Pencatatan Sipil Kota Samarinda. 4(2), 2711–2725.

Sugiyarto, F., & Irawan, C. 2013. Desain Sistem Informasi Pelayanan Pensiun pada PT.Asabri Kancab Semarang. Techno.COM, 12(1), 16–28.

Tofik, I. G., & Hartawan, G. P. 2017. Perancangan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 139–151.

Wijaya, Z. S. 2015. Pada Aplikasi Monitoring Keuangan Dan Aset ( Terkait Penatausahaan Piutang Tuntutan Ganti Kerugian Negara ). Jurnal Ekonomi Akutansi Dan Manajemen, 14 (1), 1–10.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Ahmadi, A., & Juliansa, H. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Digital Layanan Administrasi Publik Desa Berbasis WEB Responsive. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1). https://doi.org/10.36982/jiig.v10i1.731

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 4407 / PDF downloads: 3586