Prediksi Penjualan Produk Pada PT Bintang Sriwijaya Palembang Menggunakan K-Nearest Neighbour
Prediksi Calon Mahasiswa Penerima KIP Pada Universitas Indo Global Mandiri menggunakan Algoritma Decision Tree
DOI:
https://doi.org/10.36982/jseci.v1i2.3542Keywords:
K-Nearest Neighbor, Data Mining, ForecastingAbstract
Penjualan merupakan faktor terpenting bagi seluruh perusahaan karena dengan adanya pnejualan, maka suatu perusahaan akan mendapat keuntungan yang lebih supaya bisa melanjutkan usaha tersebut. Prediksi atau peramalan penjualan (forecasting) adalah suatu perhitungan untuk meramalkan keadaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu. Tujuan penelitian untuk memberikan usulan kepada perusahaan dalam menentukan stok barang berdasarkan prediksi data penjualan sebelumnya dengan menggunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Berdarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa hasil dari perhitungan menggunakan algoritma KNN, didapatkan hasil prediksi penjualan produk berdasarkan nilai akurasi tertinggi dan terendah. Nilai akurasi tertinggi terhadap penjualan produk sebesar 97,3%. Sedangkan nilai akurasi terenda terhadap penjualan produk sebesar 86,5%. Dengan demikian metode algoritma KNN k=20 (97,3%) ini dapat diimplementasikan untuk memprediksi penjualan produk PT Bintang Sriwijaya Palembang.