Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Arsip Surat Dinas PU.BMTR Prov. SumSel
DOI:
https://doi.org/10.36982/jseci.v2i01.4100Keywords:
Administrasi Surat, Sistem Arsip, System Development Life CycleAbstract
Kemajuan teknologi di era globalisasi telah mempermudah berbagai kegiatan, termasuk manajemen administrasi di lembaga pemerintah. Pengelolaan arsip surat, baik surat masuk maupun surat keluar, merupakan elemen penting dalam administrasi lembaga pemerintah. Banyak lembaga yang masih menggunakan metode konvensional penyimpanan dokumen dalam bentuk fisik, yang menyebabkan tantangan seperti kompleksitas manajemen, kesulitan pencarian, dan risiko kerusakan dokumen. Penelitian ini menawarkan solusi menggunakan teknologi berbasis web untuk mengelola arsip surat di Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan dengan metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC), yang mencakup tahap perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Sistem baru ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip surat, dengan fitur pencarian surat yang cepat dan akurat, serta manajemen data yang lebih aman dan terorganisir. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja dan mengurangi risiko kesalahan dalam mengelola arsip surat di Dinas PU.BMTR Provinsi Sumatera Selatan.