Analisis Manajemen Layanan E-learning Pada Universitas Serelo Lahat Menggunakan Framework ITIL

Authors

  • Selvia damayanti UNSELA
  • Selvy Megira

DOI:

https://doi.org/10.36982/jseci.v2i02.4934

Keywords:

ITSM, ITIL V3, self-assessment, pendidikan, perguruan tinggi

Abstract

Di Indonesia, jumlah institusi pendidikan tinggi masih terus berkembang. Teknologi informasi memainkan peran penting di institusi pendidikan tinggi karena pertumbuhan yang pesat serta banyaknya jumlah mahasiswa dan dosen. Universitas Serelo Lahat, yang dikenal dengan penekanannya pada sains dan teknologi, berperan penting dalam membantu berbagai tugas administratif dan pembelajaran di lingkungan akademik. Namun, kesulitan dalam mempertahankan dan melestarikan infrastruktur ini memerlukan strategi yang proaktif. ITSM diperlukan untuk memastikan bahwa layanan yang ditawarkan kepada klien sesuai dengan ekspektasi bisnis. Tingkat kematangan layanan TI harus diukur untuk menilai kualitas layanan yang diberikan. ITIL adalah salah satu kerangka kerja yang cocok untuk bidang pendidikan. Dengan penekanan pada peningkatan kualitas layanan TI dalam hal nilai bisnis dan pelanggan, ITIL menawarkan kerangka kerja untuk mengelola dan mengontrol layanan TI. Diharapkan adanya penelitian lebih lanjut tentang penilaian kinerja dan keandalan infrastruktur jaringan kampus. Berdasarkan hasil analisis, layanan e-learning UNSELA saat ini berada pada level 3 (specified), dengan skor 2,83.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 19 / PDF downloads: 16