PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN “KREASI PEMPEK BERBAHAN NASI†SEBAGAI PRODUK MAKANAN KHAS KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1038Abstract
Pengembangan Kewirausahaan “Kreasi Pempek Berbahan Nasi†Sebagai Produk Makanan Khas Kota Palembang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan usaha pempek berbahan nasi ditempat target mitra sehingga menjadi makanan pengganti ikan agar dapat meningkatkan penghasilan warga sekitar. Metode Pelaksanaan Pengabdian terdiri atas 3 tahap antara lain persiapan Pelaksanaan PKM, Observasi Lokasi dan Pelatihan. Pelatihan terdiri atas Pelatihan pembuatan  pempek nasi, Memberikan pelatihan pencatatan administrasi Produksi Dan Penjualan Pempek Nasi (Pembukuan), Pelatihan tentang pengenalan bentuk Packaging shape (bentuk kemasan);Pelatihan tentang pengenalan pemasaran secara online.
Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah tindak lanjut hasil evaluasi, perluasan market penjualan dan inovasi produk. Beberapa saran yang dapat diterapkan adalah membuat kuesioner untuk mengukur tingkat keberhasil program pengabdian, menggunakan sosial media, memilih tempat strategis, menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan mengembangkan jalur distribusi intensif
Kata kunci : Pempek berbahan nasi, brand image, kelompok usaha mandiriDownloads
References
Anita, Sumarni bayu. 2012. Kuliner dan Kinstruksi Identitas kelokalan studi kasus tentang pempek bagi “wong Kito†di kota Palembang. Tesis. Universtas Gajah mada.Perpustakaan Pusat UGM.
Alimudin, A., & Yoga, H. 2015. Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kecil Produk Makanan Ringan Di Surabaya. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1), 1–12.
Besra, E. 2012. Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Padang.
Hardianto, F. N. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kriminalitas Di Indonesia Dari Pendekatan Ekonomi. Bina Ekonomi, 13(2), 28–41. Retrieved fromhttp://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/713/697.
Heryati, A., & Afriyani, F. 2017. Pelatihan Pembukuan Dan Manajemen Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Smpn 26 Kota Palembang, 1(1), 41–45.
Hildayanti, S. K., & Alie, J. 2017. Strategi Branding Usaha Kecil Industri Pempek Kelurahan 2 Ulu Dan 26 Ilir Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), 26–30. Retrieved fromhttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/286.
Kimbal, R.W. 2015. Modal Sosial Dan Ekonomi Industri Kecil Sebuah Studi Kualitatif.Penerbit : Depublish, Yogyakarta.
Sanmorino, A. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Berupa Web Based Application Pada Sektor Usaha Kecil Dan Menengah, 1(1), 7–13. Retrieved fromhttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/index.