MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI MASYARAKAT TERUMBU MELALUI PELATIHAN PRODUKSI DAN DIFERENSIASI PRODUK MAKANAN OLAHAN
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1506Abstract
Kota Serang sebagai ibu kota Provinsi memiliki tingkat kemiskinan tertinggi ke tiga di Banten.
Kemiskinan tertinggi di Kota Serang berada di Kecamatan Kasemen. Melalui pelatihan produksi
diharapkan dapat membantu menumbuhkan kemandirian ekonomi sehingga akan dapat meningkatkan
kesejahteraan dan menurunkan tingkat kemiskinan. Pelatihan produksi dengan berdasarkan
diferensiasi produk diharapkan dapat menembus pasar yang ada sehingga dapat meningkatkan
pendapatan rumah tangga. Pelatihan telah berhasil dilaksanakan dengan cara praktik membuat olahan
produk didampinggi oleh instruktur yang diikuti oleh 10 peserta di Kampung Terumbu, Kelurahan
Terumbu, Kasemen, Serang Banten. Pelatihan menghasilkan produk lumpia rebung dan abon pepaya
yang merupakan produk diferensiasi yang belum pernah dibuat dan dipasarkan sebelumnya oleh warga
setempat. Tuntutan untuk berinovasi mengembangkan produk olahan seperti ini dapat dijadikan
sebagai alternatif olahan makanan yang dapat membuka usaha dengan menjualnya ke masyarakat luas.
Kata kunci : Produksi, Diferensiasi, Olahan Makanan, Kemandirian Ekonomi
Downloads
References
Arrohman et al., (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Produksi Dan Penjualan UMKM Berbasis Web (Studi Kasus Rabbani Food). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 3, No. 4, April 2019, hlm. 3647-3654
BPS Provinsi Banten. (2019). Persentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten Kota di Provinsi Banten 2005-2019 (Online). Tersedia: https://banten.bps.go.id/dynamictable/2017/04/18/166/persentase-penduduk-miskin-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-banten-2005-2019.html.
bps.go.id. (2019). Persentase Penduduk Miskin Menurut Provinsi 2007-2019 (Online).Tersedia: https://www.bps.go.id/dynamictable/2016/08/18/1219/persentase-penduduk-miskin-menurut-provinsi-2007---2019.html.
Darwanto et al., (2017). Pengembangan produksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sector pertanian berbasis potensi local. Riset Ekonomi Manajemen http://jurnal.untidar.ac.id
Dewi, Ni Putu Diah Erna dan Ni Ketut Seminari. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Upaya Membangun Keunggulan Bersaing pada Hotel Alila Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 11, 2017: 6120-6140
Indahyani, Titi. (2012). Pengembangan Desain dan Diferensiasi Produk Sebagai Keunggulan Kompetitif Pada Bisnis Ritel Umkm Furnitur dan Aksesoris Interior Rumah. HUMANIORA Vol.3 No.2 Oktober 2012: 606-613
Kabar Banten. (2017). Warga Miskin Numpuk di Kasemen (Online). Tersedia: https://www.kabar-banten.com/warga-miskin-numpuk-di-kasemen/
Munirudin et al., (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Produk Keripik di Kota Tarakan. J-PEN Borneo: Jurnal Ilmu Pertanian 2 (2): 1-6, April 2019
Novrianto Juang dan Lie Othman. (2014). Strategi Diferensiasi Produk dalam Menghadapi Persaingan Kuliner (Kasus Bisnis Sop Tunjang Tampan di Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau vol. 1 no. 1 Februari 2014
Rohim, Abd. dan Indra Kurniawan. (2017). Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam. Comvice: Journal Of Community Service Vol 1 No 1, Oktober 2017
Subali et al., (2020). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kerupuk Basa di Desa Jegu, Kabupaten Tabanan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4, No. 4 Desember 2020, Hal. 730-736 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4625
Sulistiani, Dwi. (2013). Mencapai Keunggulan Bersaing dengan Strategi Diferensiasi. EL MUHASABA Jurnal Akuntansi UIN Malang
Suparta dan N. Sutjipta. (2013). Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, dan Rahasia Jiwa Kewirausahaan sebagai Landasan Strategi Diferensiasi, serta Pengaruhnya terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Tanaman Hias di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 1, No. 2, Oktober 2013