PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MASA PADEMI BAGI SISWA SMP NEGERI 4 PALEMBANG

Authors

  • Nining Ariati Universitas Indo Global Mandiri
  • Athallah Syauqi Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1826

Abstract

Kemunculan pandemi COVID-19 membuat berbagai sektor kehidupan mengalami krisis yang cukup besar. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak cukup parah dari penyebaran virus ini. Sektor Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup parah dan mengakibatkan pemerintah mengambil solusi untuk mengalihkan proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan di sekolah untuk kemudian dilakukan sementara di rumah secara daring (online), sebagai salah satu cara untuk meminimalkan penyebaran virus COVID-19 dilingkungan sekolah. Hal ini tentu saja secara tidak langsung telah merubah pola pembelajaran di setiap jenjang pendidikan di Indonesia dimana pemanfaatan teknologi informasi berbasis online akan menjadi hal yang penting dalam sektor pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran online tentunya membutuhkan media yang sesuai dimana media ini dapat menjadi sarana untuk membagikan beragam ilmu pengetahuan dimana saja, kapan saja tanpa terbatas jarak dan waktu. Banyak terdapat media pembelajaran berbasis teknologi atau digital yang mendukung dalam proses pembelajaran. Media online yang mendukung proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa maupun guru. Mereka dapat mempergunakan media pembelajaran online yang sudah tersedia seperti Google Classroom, Google Meet, dan  Zoom Meeting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk siswa kelas 9 pada SMPN 4 Banyuasin 1 yang berlokasi di jalan Desa Merah Mata lorong Belitung kecamatan Banyuasin 1. Kegiatan PKM melalui pelatihan aplikasi pembelajaran online Google Classroom, Google Meet, dan  Zoom Meeting ini bertujuan meningkatkan pemahaman, kemampuan, keterampilan dan  membuat siswa jauh lebih siap untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online terkait. Pelatihan ini juga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih optimal dan meningkatkan minat serta semangat belajar siswa untuk mengikuti pembelajaran secara online.


Kata kunci : pandemi, pembelajaran online, google classroom, google meet, zoom meeting

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nining Ariati, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Athallah Syauqi, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

Ariati, N., & Andriani, Y. (2020). Pengenalan Aplikasi Belajar Online Di Tengah Masa. Abdimas Mandiri, 4(2), 110–116.

Aryani, D., Malabay, M., Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdidas, 1(5), 373–378. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.67

Basri, H., Khasanah, S. N., & Hilmi, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Media Online Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Tarbiyatuna : Jutnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 145–158.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Ariati, N., & Syauqi, A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MASA PADEMI BAGI SISWA SMP NEGERI 4 PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2). https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1826

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 625 / PDF downloads: 385