EFEKTIFITAS PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA DISTRIBUSI GAS LPG PT. PRAPEN ANANDA DEWATA KLUNGKUNG

Authors

  • Komang Aji Pradnya Jaya Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Luh Putu Sariani Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Wijayanti Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2073

Abstract

PT. Prapen Ananta Dewata adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi gas LPG. Perusahaan sedang berupaya untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainya dengan mengangkat brand image yang sedang berjalan melalui media online. Peningkatan kualitas distribusi dan kualitas pemasaran diperlukan. Namun, tanpa adanya pelayanan pelanggan yang baik melalui digital marketing, maka kecepatan dan efisiensi distribusi tidak akan terwujud. Penelitian Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas dan hambatan penerapan digital marketing pada PT. Prapen Ananda Dewata Klungkung. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama dua hari pada bulan Juli di akhir pekan dari pagi sampai siang hari disesuaikan dengan jadwal yang disepakati dengan pihak PT. Prapen Ananda Dewata Klungkung, serta setiap hari secara online tanpa ke perusahaan. Simpulan yang dapat ditarik berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada PT. Prapen Ananda Dewata adalah perusahaan yang menjalankan operasionalnya sebagai distributor gas sudah baik dalam hal distribusi, namun penjualan yang tidak memenuhi target serta banyaknya keluhan mengenai aksesibilitas informasi dari konsumen mengindikasikan bahwa pemasaran perusahaan masih kurang, khususnya pada digital marketing. PT. Prapen Ananda Dewata sebaiknya merekrut karyawan yang berkompeten di bidang pemasaran dan informasi teknologi dan selanjutnya membentuk bagian pemasaran untuk menempatkan karyawan tersbut. Perusahaan selanjutnya membuat situs web resminya sendiri serta membuat seluruh media sosial yang dimiliki perusahaan lebih menarik, aktif dan informatif.

Kata kunci : digital marketing, distribusi gas, pelayanan pelanggan

Author Biographies

Komang Aji Pradnya Jaya, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Manajemen

Ni Luh Putu Sariani, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Manajemen

Ni Wayan Wijayanti, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Manajemen

References

Abdullah, J. A. (2016). The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions. Journal for Studies in Management and Planning, 02(1), 171–179.

Ali, S. (2018). Pemanfaatan Website Pemasaran bagi Pelaku Kerajinan Usaha Anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 193–199.

Handoko, T. H. (2014) Manajemen. 2nd edn. Yogyakarta: BPFE.

Elida, T. dan Raharjo, A. (2019) Pemasaran Digital. Bogor : IPB Pers.

Lesmana, I. P. D. (2018). Pengembangan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Antirogo Jember Melalui Media Internet. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 17–24.

Oladepo, O. I. (2015). The Influence of Brand Image and Promotional Mix on Consumer Buying Decicion - A Study of Beverage Consumers in Lagos State, Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 3(4), 97–109.

Prodjo, W. A. (2020). Menristek Bambang Brodjonegoro: Indonesia Butuh Lebih Banyak Inovator. Jakarta.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–48.

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2020). Analisa Pelatihan Strategi Manajemen Penjualan Produk Umkm Menggunakan Digital Marketing Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kampung Keluarga Berhasil (KB) Layang-Layang Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 697-703.

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati di Institute Perbanas. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 13–30.

Yuliana, Y. (2018). Penyuluhan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Tradisional Anyam-Anyaman di Desa Batu Jong-Jong Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 156–160.

Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image , Green Marketing Strategy , dan Emotional Desire terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 69–79.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Pradnya Jaya, K. A., Putu Sariani, N. L., & Wijayanti, N. W. (2022). EFEKTIFITAS PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA DISTRIBUSI GAS LPG PT. PRAPEN ANANDA DEWATA KLUNGKUNG. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1). https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2073

Issue

Section

Articles