Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan & Produktivitas Bagi Komunitas KPM PKH

Authors

  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang
  • Mellasanti Ayuwardani Politeknik Negeri Semarang
  • Bagus Yunianto Wibowo Politeknik Negeri Semarang
  • Vinda Setya Kartika Politeknik Negeri Semarang
  • Irawan Malebra Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.2456

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Penjualan, Produktivitas, KPM PKH Graduasi

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Komunitas KPM PKH di Kec. Suruh adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. Komunitas KPM PKH  di Kec. Suruh memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha  baru yang bersifat online. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Mengidentifikasi penggunaan media pemasaran pada Komunitas KPM PKH  di Kec. Suruh, 2) Menggambarkan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada Komunitas KPM PKH  Kec. Suruh melalui pelatihan digital marketing. Metode yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan Focus Group Discussion. Metode yang digunakan dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi adalah metode pendidikan masyarakat dan pelatihan. Materi -materi dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada Komunitas KPM PKH  Kec. Suruh melalui pelatihan digital marketing meliputi : 1) Menumbuhan jiwa kewirausahaan untuk bisnis online, 2) Sharing session, 3) Pelatihan digital marketing (menggunakan facebook dan instragram bisnis). Hasil identifikasi menunjukkan bahwa banyak Komunitas KPM PKH  di Kec. Suruh menggunakan teknologi sederhana dalam pemasaran, yaitu didominasi dengan media Whatsapp. Bahkan masih banyak Komunitas KPM PKH  yang menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif, dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu, dan memberikan inspirasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, G. et al. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), pp. 88–92. doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

Ayuwardani, M., Yunianto, B. and Adie, N. (2021) ‘Analysis of Mie Gacoan Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality’, 5, pp. 936–945.

Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany, & Hamdan Yosep Pane. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25-36. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.416

Saifuddin, M. 2020. “Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya)”. Jurnal Bisnis dan Teknologi 7 (Vol 7 No 1 Tahun 2020), 16 -20

Saifuddin, M. 2013. “Pengaruh Jenis Endorser dan Brand Name terhadap Sikap Atas Iklan, Sikap Atas Merk dan Niat Pembelian pada Produk High dan Low Involvement.”Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), 23(3),279-29.

Setiawati, Ira dan Penta Widyartati. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM”. Jurnal BIMA. Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra Semarang: 1 (1), 344.Wardani, P. S., & Sanica, I. G. 2020. “Strategy To Raise Brand Awareness Using Sosial Media To The Milenials.”Jurnal Bisnis Terapan, 4(2),2019171 -182. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i2.2961

Setyawan, N. A. (2021) ‘The Existence of Lasem Batik Entrepreneurs during the Covid-19 Pandemic’, Admisi dan Bisnis, 22, pp. 61–72. Available at: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/2490.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., Ayuwardani M., (2021), “Analysis of Entrepreneurship Interest on Business Productivity”, Jurnal Sains Sosio Humaniora 5 (1), 628-639

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2022), “Pendampingan legalitas UMKM PKH graduasi melalui sistem online single submission di Kecamatan Suruh”. Prapanca: Jurnal Abdimas 2 (1), 1-9.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2023), “Improving Business Productivity Performance Through Entrepreneurship Training And Entrepreneurship Self-Efficacy”. Jurnal Ekuilnomi 5 (1), 44–51-44–51.

Abdurrahman, G. et al. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), pp. 88–92. doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.

Ayuwardani, M., Yunianto, B. and Adie, N. (2021) ‘Analysis of Mie Gacoan Customer Loyalty through Customer Experience and Perceived Quality’, 5, pp. 936–945.

Febriyantoro, M. T. and Arisandi, D. (2018) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean’, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Harahap, H. S., Dewi, N. K. and Ningrum, E. P. (2021) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM’, Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), p. 77. doi: 10.32493/jls.v3i2.p77-85.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany, & Hamdan Yosep Pane. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus Dengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 25-36. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.416

Saifuddin, M. 2020. “Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya)”. Jurnal Bisnis dan Teknologi 7 (Vol 7 No 1 Tahun 2020), 16 -20

Saifuddin, M. 2013. “Pengaruh Jenis Endorser dan Brand Name terhadap Sikap Atas Iklan, Sikap Atas Merk dan Niat Pembelian pada Produk High dan Low Involvement.”Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), 23(3),279-29.

Setiawati, Ira dan Penta Widyartati. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM”. Jurnal BIMA. Pascasarjana (S2) STIE Dharmaputra Semarang: 1 (1), 344.Wardani, P. S., & Sanica, I. G. 2020. “Strategy To Raise Brand Awareness Using Sosial Media To The Milenials.”Jurnal Bisnis Terapan, 4(2),2019171 -182. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i2.2961

Setyawan, N. A. (2021) ‘The Existence of Lasem Batik Entrepreneurs during the Covid-19 Pandemic’, Admisi dan Bisnis, 22, pp. 61–72. Available at: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi/article/view/2490.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., Ayuwardani M., (2021), “Analysis of Entrepreneurship Interest on Business Productivity”, Jurnal Sains Sosio Humaniora 5 (1), 628-639

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2022), “Pendampingan legalitas UMKM PKH graduasi melalui sistem online single submission di Kecamatan Suruh”. Prapanca: Jurnal Abdimas 2 (1), 1-9.

Setyawan N. A., Wibowo B.Y., (2023), “Improving Business Productivity Performance Through Entrepreneurship Training And Entrepreneurship Self-Efficacy”. Jurnal Ekuilnomi 5 (1), 44–51-44–51.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Setyawan, N. A., Ayuwardani, M., Wibowo, B. Y., Kartika, V. S., & Malebra, I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan & Produktivitas Bagi Komunitas KPM PKH. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 69–76. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.2456

Issue

Section

Articles