PENGUATAN TATA KELOLA PADA ENTITAS BERORIENTASI NON LABA DI PONDOK PESANTREN MODERN ASSURUUR KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2706Abstract
Pondok Pesantren Modern As-Suruur merupakan salah satu pondok pesantren milik swasta yang terletak di Desa Pameungpeuk- Banjaran - Kabupaten Bandung yang sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional/Madrasah (BAN-SM). Dengan akreditasi tersebut menjamin bahwa komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah telah dinilai baik sesuai standar nasional yang ditentukan. Penerapan sistem pendidikan di pesantren melibatkan unsur agama dan kearifan lokal yang memiliki struktur, sistem, budaya, norma dan etika yang berbeda dengan lembaga pendidikan umum. Penerapan 5 prinsip tata kelola yang baik yaitu tranparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran dapat meningkatkan kinerja pesantren secara efektif dan efisien. Tata kelola pada pondok pesantren di Indonesia masih jarang dilakukan, sosialisasi dalam bentuk penyuluhan diperlukan agar manajemen pondok pesantren memiliki pengetahuan yang memadai mengenai tata kelola. Dengan tata kelola yang baik diharapkan visi tercapai karena misi dapat dijalankan dengan baik, meningkatkan reputasi pesantren, menghidari praktik korupsi dan kolusi, dan menambah kepercayaan stakeholders.
Kata kunci : pesantren, stakeholders, tata kelola
Downloads
References
Heryati, A. et al. (2019) ‘The design of smart notification on android gadget for academic announcement’, Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 17(1), pp. 147–152. doi:10.12928/TELKOMNIKA.v17i1.10245.
Heryati, A. and Afriyani, F. (2017) ‘Pelatihan Pembukuan Dan Manajemen Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Smpn 26 Kota Palembang’, 1(1), pp. 41–45.
KNKG (2006) ‘Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia’, (June), pp. 1–39.
Wahyuni, A., Hijaz, M.I.A. and Irawan (2021) ‘Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern’, EVALUASI, 5(1), p. 30.
Terttiaavini et.al. (2020) “Evaluating the Kemplang Tunu Production Training for Low Income and Education Communities Using the Kirkpatrick Model,†in Atlantis Press. Fakultas Ekonomi Trisakti, hal. 238–242. Tersedia pada: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200915.055.