STRATEGI PRODUK DENGAN PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PADA KELOMPOK USAHA KERIPIK SINGKONG RK

Authors

  • Indah Permatasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Dewi Sartika Universitas Indo Global Mandiri
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri
  • Roswaty Roswaty Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914

Keywords:

Strategi Produk, Pelatihan, Pengemasan

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang data survei sosial ekonomi nasional tahun 2018 menyatakan bahwa persentase masyarakat yang mengakses internet dalam kurun lima tahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan. Sebesar 77,48 persen masyarakat pedesaan dan perkotaan yang mengakses internet, sebanyak 10,82 persen diantaranya memanfaatkan internet untuk melakukan pembelian dan penjualan barang dan jasa secara online. Hal tersebut menunjukkan besarnya potensi media digital sebagai media pemasaran. Berdasarkan hasil observasi diperoleh gambaran umum permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Keripik Singkong RK, yaitu salah satunya masih lemahnya strategi produk dalam kemasan sehingga produk belum mampu menjangkau masyarakat luas dan menarik perhatian serta minat masyarakat. Oleh karena itu tim PKM Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) menawarkan solusi dari permasalahan yang dihadapi Usaha Keripik Singkong RK selaku mitra dalam kegiatan ini yaitu berupa strategi produk. Strategi produk dilakukan dengan meningkatkan kualitas kemasan produk dengan label yang dilengkapi logo usaha dan informasi penting berkaitan produk. Adapun kegiatan yang dilakukan tim PKM UIGM adalah memberikan pelatihan pengemasan produk. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai petingnya memperhatikan kemasan produk guna menarik minat masyarakat terhadap produk keripik singkong RK.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indah Permatasari, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Dewi Sartika, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Teknik Informatika

Imelda Saluza, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Roswaty Roswaty, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Manajemen

References

B. P. S. Indonesia, “Statistik Indonesia 2018,†no. 021, pp. 5–6, 2018.

P. Mandal, “Understanding Digital Marketing Strategy,†Int. J. Sci. Res. Manag., vol. 5, no. 06, pp. 5428–5431, 2017, doi: 10.18535/ijsrm/v5i6.11.

D. Sartika, I. Saluza, and Roswaty, “Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Gulo Puan Desa Bangsal,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. APTEKMAS, vol. 3, no. 2, pp. 47–54, 2020.

D. Sartika, I. Saluza, and dan Roswaty, “Branding Produk Gulo Puan dan Produk Inovasi Gulo Puan (Puan Candy) sebagai Makanan Khas Palembang dari Ogan Komering Ilir (OKI),†Pros. Semin. Nas. II Has. Litbangyasa Ind., pp. 212–220, 2019.

D. Sartika, I. Saluza, and Roswaty, “Inovasi produk olahan susu kerbau rawa (puan) menjadi minuman fermentasi,†Semin. Nas. AVoER XII, no. November, pp. 18–19, 2020.

A. G. Ramadhan and S. B. Santosa, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening,†Diponegoro J. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2017, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

T. Citra and S. B. Santoso, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang),†J. Stud. Manaj. Organ., vol. 13, no. 1, p. 67, 2016, doi: 10.14710/jsmo.v13i1.13414.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). STRATEGI PRODUK DENGAN PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK PADA KELOMPOK USAHA KERIPIK SINGKONG RK. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914

Issue

Section

Articles