PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SOFTWARE EXCEL KEPADA PARA PELAKU UMKM DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DI DESA MUARA PENIMBUNG ULU OGAN ILIR

Authors

  • Abdullah Saggaf Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Ichsan Siregar Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Hidayat Universitas Sriwijaya
  • Mega Puspita Universitas Sriwijaya
  • Dirta Pratama Atiyatna Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2916

Keywords:

Microsoft Excel, Laporan Keuangan, UMKM

Abstract

Teknologi informasi dan digitalisasi sekarang ini mengalami perkembangan pesat dan sangat dibutuhkan  bagi para Pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam di Desa Penimbung Ulu Ogan Ilir dalam menghadapi perubahan dan tuntutan zaman di Era Revolusi 4.0. Salah satunya adalah bagaimana  mengoperasikan komputer yang merupakan bagian keterampilan bagi para pelaku UMKM terkhusus Microsoft Excel dalam penyusunan lapoaran keuangan. Lapoaran keuangan memberikan informasi sangatlah penting bagi para pelaku UMKM. Microsoft Excel umumnya dikenal sebagai software pengelola angka atau sebagai program aplikasi lembar yang berfungsi mengelolah data secara otomatis seperti perhitungan, pemakaian fungsi, rumus tabel untuk mempermudah pennyusunan laporan keuangan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Penimbung Ulu Ogan Ilir dengan peserta para Pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam yang notabane tidak memilki kemampuan dalam pembuatan laporan keuangan bebeasis Mixcrosoft Excel dapat memberikan kemajuan kepada para peserta dalam mengembangkan usahanya. Pelatihan ini diharapakan juga membawa dampak perubahan besar terhadap aspek kehidupan masyarakat yang lebih mudah dan memiliki gaya hidup baru yang tidak terlepaskan dari Teknologi informasi dan digitalisasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdullah Saggaf, Universitas Sriwijaya

Program Studi Akuntansi

Muhammad Ichsan Siregar, Universitas Sriwijaya

Program Studi Akuntansi

Muhammad Hidayat, Universitas Sriwijaya

Program Studi Akuntansi

Mega Puspita, Universitas Sriwijaya

Program Studi Teknik Pertambangan

Dirta Pratama Atiyatna, Universitas Sriwijaya

Program Studi Ekonomi Pembangunan

References

. T. and Agustin, M. (2020) ‘Penggunaan Microsoft Excel Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Meningkatkan Kualitas Informasi Laporan Keuangan’, Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 4(1). doi: 10.37641/jiakes.v2i1.100.

Chandra, N. and Sukartini (2015) ‘Rancangan Pembukuan Akuntansi Berbasis Excel for Accounting Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS)’, Akuntansi dan Manajemen, 10(1). doi: 10.30630/jam.v10i1.108.

Mustafa, D. R. (2015) ‘Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Kepada Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung’, Barista, 2(2).

S, M. I. S., Saggaf, A. and Hidayat, M. (2021) ‘Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel Pada Kerajinan Songket Mayang Palembang’, Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1).

Siregar, Muhammad Ichsan., D. (2022) ‘Sosialisasi Laporan Keuangan Koperasi Di Koperasi Unit Desa Muara Penimbung Ogan Ilir’, Jurnal Abdimas Musi Charitas, 6(1), pp. 28–35.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Saggaf, A., Siregar, M. I., Hidayat, M., Puspita, M., & Atiyatna, D. P. (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SOFTWARE EXCEL KEPADA PARA PELAKU UMKM DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DI DESA MUARA PENIMBUNG ULU OGAN ILIR. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2916

Issue

Section

Articles