PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA PALEMBANG

Authors

  • Fauzia Afriyani
  • Abdul Kholik
  • Agustina Heryati
  • Try Wulandari
  • Dio Resta Permana

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2971

Keywords:

Karya Ilmiah, Guru, Pendidikan

Abstract

Dinas pendidikan Kota Palembang membuat pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis para guru dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. Pelatihan tersebut meliputi berbagai aspek penulisan karya ilmiah, seperti pemilihan topik penelitian, perumusan masalah penelitian, pengumpulan dan analisis data, serta penyusunan laporan penelitian. Metode dalam pelatihan ini meliputi Identifikasi Tujuan, Persiapan Materi, Penentuan Jadwal dan Durasi, Pemilihan Peserta, Sesi Praktikum, Umpan Balik dan Evaluasi. Dari survey sebelum pelatihan Peserta kesulitan dalam menyusun desain penelitian yang sesuai dan memilih metode analisis yang tepat. Peserta seringkali tidak yakin bagaimana menganalisis data dan menginterpretasikan hasilnya. Peserta seringkali mengalami kesulitan dalam menyusun kesimpulan yang logis dan rekomendasi yang relevan. Sedangkan hasil survey setelah pelatihan yaitu peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan mengenai struktur dan tujuan karya ilmiah. Peserta dapat menyajikan latar belakang penelitian dengan lebih jelas dan koheren setelah pelatihan. Peserta menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menyusun desain penelitian dan memilih metode analisis yang tepat. Peserta lebih percaya diri dalam menganalisis data dan menginterpretasikan hasil setelah mengikuti pelatihan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273-279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Hendrastuty, N. et al. (2022) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Populer Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru Di Sman 4 Bandar Lampung’, Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), p. 301. doi:10.33365/jsstcs.v3i2.2212.

Hiasa, F. and Canrhas, A. (2019) ‘Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Kemampuan Guru di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu’, Jurnal Anugerah, 1(1), pp. 33–40. doi:10.31629/anugerah.v1i1.1598.

Lestari Handayani, S. and Utari Dewi, T. (2020) ‘Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru’, Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 70–77. doi:10.36088/assabiqun.v5i1.2700.

Syamruddin et al. (2021) ‘Pelatihan PenulisanArtikel dan Manajemen JurnalSMP Negeri 10 Kota Depok, Jawa Barat’, 2(1), pp. 14–38.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Afriyani, F., Kholik, A., Heryati, A., Wulandari, T., & Permana, D. R. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KOTA PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 56–62. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2971

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 256 / PDF downloads: 261