Pelatihan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi di Kota Palembang

Authors

  • Kgs. M. Nurkholis Universitas Indo Global Mandiri
  • Vhika Meiriasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Mutiara Kemala Ratu Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3052

Keywords:

Pelatihan, Akuntansi Koperasi, Kota Palembang

Abstract

Salah satu bentuk tata kelola yang baik bagi koperasi sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah adalah No. 20 tahun 2015 pasal 9 adalah aspek akuntablitas keuangan. Kajian Tim Pengabdian dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Palembang terdapat beberapa kelemahan bagi Pengelola/Pengurus koperasi seperti pengelola keuangan koperasi yang tidak kompeten, pencatatan tidak sesuai dengan koridor yang berlaku umum serta kelemahan-kelamahan lainnya. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang dalam hal ini sebagai wujud representatif tanggungjawab pemerintah kota Palembang dalam mewujudkan tata kelola koperasi yang transparan, akuntabel, bertanggungjawab, mandiri dan berkeadilan agar pengelolaan koperasi dilakukan secara profesional. Berdasarkan kajian itu juga Tim Pengabdian Kepada Masyarakat bersepakat dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah untuk mengadakan pelatihan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi dengan tujuan untuk membantu serta mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul pada aspek keuangan koperasi sekaligus meningkatkan kompetensi dan keterampilan Pengurus/Pengelola koperasi di bidang akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi. Hasil dari rangkaian kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kompetensi peserta dalam memahami akuntansi dan penyusunan laporan keuangan koperasi baik secara konseptual maupun pengaplikasiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moh. Musfiq Arifqi, M. M. A. (2021). KONSEP EKONOMI KERAKYATAN SEBAGAI PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH DI INDONESIA (TELAAH PEMIKIRAN MUHAMMAD HATTA). BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 57-73. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i02.1554

Dian, S., Prajanti, W., Rahma, Y. A., Rahayu, N., & Adzim, F. (2021). Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. Riptek, 2(2), 86–101.

Fitri, E. N., Setyawan, B., Linawati, & Anthoni, L. (2021). Pendampingan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP pada Koperasi Amanah Githa Sejahtera. Implementasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22–32.

Meini, Z., & Setyawati, I. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Syariah Mandiri Sejahtera, Depok, Jawa Barat. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 448–455. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6549

Muktiyanto, A., Hartati, N., Idrus, O., Hadiwidjaja, R. D., Riyani, E. I., & Situasi, A. (2018). Penguatan Akuntansi dan Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Syarian BMT Bina Insan Sejati Sejahtera (KSPS BMT BISS). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/8089/1/Senmaster_BMT IBSS_Ali Muktiyanto_Revisi ali.pdf

Nurkholis, K. M., Meiriasari, V., & Hendarmin, R. M. R. (2023). Analisis Peranan Jati Diri Koperasi Sebagai Wujud Pengimplementasian Good Corporate Governance ( GCG ) Koperasi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 14(01), 37–44.

Nurkholis, K. M., Meiriasari, V., & Ratu, M. K. (2023). Pelatihan Akuntansi Koperasi Syariah Guna Meningkatkan Kemampuan Pengurus Dalam Menyusun Laporan Keuangan Koperasi Syariah di Kota Palembang. 4(1), 740–747.

Rima Elya Dasuki, & Amran, S. (2019). Kajian Good Corporate Governance dan Penerapan Sanksi Koperasi. In M. H. Dr. Hj. Rani Siti Fitriani, S.S. (Ed.), CV. Semiotika.

Sundari, D., Vientiany, D., Yurmaini, & Erliyanti. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dalam Lingkup Pondok Pesantren Ats-Saqofiy Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Amaliah, 6(1), 110–116.

Wijayanti, A. K., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Evaluasi Penerapan Good Corporate Governance (Studi Pada Koperasi-koperasi di Kota Tarakan). Ekonomika, 8(1), 1–22.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Nurkholis, K. M., Meiriasari, V., & Ratu, M. K. (2023). Pelatihan Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Bagi Pengurus/Pengelola Koperasi di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 77–84. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3052

Issue

Section

Articles