Sosialisasi dan Pendampingan Pelatihan Fotografi Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Desa Pinge, Tabanan - Bali

Authors

  • Ni Made Prasiwi Bestari Universitas Pendidikan Nasional
  • Melati Mediana Tobing Universitas Kristen Indonesia
  • I Nyoman Indra Kumara Universitas Pendidikan Nasional
  • Jonathan Jacob Paul Latupeirissa Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3265

Keywords:

Desa Pinge, Fotografi Pariwisata, Promosi Pariwisata

Abstract

Desa Pinge yang terletak di Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan Bali menyimpan segudang potensi. Melalui upaya masyarakat bersama, desa ini berupaya untuk mengembangkan desanya untuk menarik pengunjung. Keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan alam, budaya, dan seni adalah kuncinya. Meskipun demikian, kekurangan pada desa ini terletak pada upaya promosi yang sangat minim, tidak terlalu aktif dalam pengelolaan media sosial, serta konten pada sosial media yang kurang menarik. Diperlukan pendekatan yang lebih kuat untuk memperkenalkan Desa Pinge kepada khalayak yang lebih luas. Untuk memanfaatkan potensi Desa Pinge secara maksimal sebagai tujuan wisata, kelemahan dalam promosi dan pengelolaan media sosial harus diatasi. Strategi promosi yang dilaksanakan dengan baik tidak hanya dapat menarik wisatawan tetapi juga menciptakan peluang bagi bisnis dan pengrajin lokal, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembangunan sosio-ekonomi desa secara keseluruhan. Dengan menampilkan keindahan alam, kekayaan budaya, dan dunia seni yang dinamis melalui konten gambar dan jangkauan yang lebih baik, Desa Pinge dapat muncul sebagai destinasi yang benar-benar menawan bagi pengunjung dari seluruh dunia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk melakukan sosialisasi serta pendampingan pelatihan fotografi sebagai media promosi Desa Wisata Pinge yang dapat digunakan pada berbagai platform media promosi pariwisata. Promosi tujuan wisata adalah pendorong penting pertumbuhan ekonomi, pelestarian budaya, dan kemajuan masyarakat. Selain itu, promosi desa wisata yang efektif tidak hanya menarik wisatawan tetapi juga berkontribusi terhadap pengembangan destinasi secara keseluruhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chung, N., & Koo, C. (2015). Telematics and Informatics The use of social media in travel information search. TELEMATICS AND INFORMATICS, 32(2), 215–229. https://doi.org/10.1016/j.tele.2014.08.005

Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(September), 1089–1095. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.145

Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL THE EFECTIVENESS OF THE PROMOTION OF A TOURIST DESTINATION PANCAR MOUNTAIN RECREATION THROUGH SOCIAL MEDIA POSTING ( INSTAGRAM ) R Fauziah , IA Ratnamulyani , AA Kusumadinata . 2018 . Efektifitas Promosi Destinasi Wisata R, 4(April), 27–40.

Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). Instagram Tourism: Menciptakan Hype Pada Destinasi Wisata (Studi Pada Akun @Indoflashlight). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 105. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856

Kozegar, E. (2016). Rule Of Photography In Image Saliency Detection

Pramiswara, I. G. A. N. A. Y. (2021). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 126-138. Retrieved from https://jurnal.ekadanta.org/index.php/danapati/article/view/135

Putu Henny Puspawati, D., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.14

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85

Singsomboon, T. (2014). Tourism promotion and the use of local wisdom through creative tourism process. IJBTS International Journal of Business Tourism and Applied Sciences, 2(2), 32–37.

Sudarma, I. K. (2014). Fotografi. Graha Ilmu.

Zeng, B., & Gerritsen, R. (2014). What do we know about social media in tourism? A review. Tourism Management Perspectives, 10, 27–36. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2014.01.001

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Bestari, N. M. P., Tobing, M. M., Kumara, I. N. I., & Latupeirissa, J. J. P. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pelatihan Fotografi Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Desa Pinge, Tabanan - Bali. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 129–138. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3265

Issue

Section

Articles