Pelatihan Manajemen Stres Kepada Guru SMPN 4 Banjar, Buleleng - Bali

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3340

Keywords:

Deep breathing, Guru, Manajemen Stres, Strategi Koping

Abstract

Guru memiliki peran yang penting di dalam dunia pendidikan. Menjadi guru memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar dalam proses pendidikan pada anak. Guru seringkali menghadapi beban kerja yang tinggi. Hal tersebut membuat guru rentan untuk terkena stres. Gejala stres di kalangan guru ditemukan bahwa ada kalanya stres yang dialami guru menyebabkan timbulnya perasaan negatif yang sebenarnya tidak diinginkan seperti kemarahan. Selain itu stres juga membuat guru merasa cemas yang termanifestasi dalam sikap antisipasif, kurang sabar dan cenderung kritikal terhadap siswa. Pada profesi guru, jika kondisi tersebut dibiarkan berkepanjangan maka akan memengaruhi proses belajar mengajar. Stres yang tidak ditangani akan menimbulkan dampak negatif pada kondisi psikologis guru maka dari itu perlu solusi yang tepat untuk meminimalisir dampak negatif tersebut. Hal ini yang mendasari terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan manajemen stres kepada guru di SMP Negeri 4 Banjar Kabupaten Buleleng Bali. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dan edukasi. Edukasi yang diberikan terkait dengan stres dan strategi koping. Pelatihan yang diberikan berupa latihan relaksasi dengan menggunakan teknik deep breathing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat bagi guru di SMPN 4 Banjar yakni meningkatkan pemahaman dan memberikan kemampuan yang baru dalam mereduksi stres yang dirasakan sehingga diharapkan mampu melakukan kegiatan mengajar dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Z., & Prastiwi, R. (2017). Resiliensi Diri Dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112. https://doi.org/10.21009/jppp.062.08

Colquitt, J., LePine, J. A., & Wesson, M. J. (2011). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. McGraw-Hill Irwin. https://books.google.co.id/books?id=YGqmQAAACAAJ

Gaol, N. T. L. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 17–28.

Hanum, L., Daengsari, D. P., & Kemala, C. N. (2016). Penerapan Manajemen Stres Berkelompok dalam Menurunkan Stres pada Lanjut Usia Berpenyakit Kronis. Jurnal Psikologi, 43(1), 42. https://doi.org/10.22146/jpsi.11501

Hawari, D. (2013). Manajemen stres, cemas dan depresi (Edisi Kedua). Badan Penerbit FK UI.

Kurnia, A., & Yoselisa, D. (2023). Manajemen Coping Stress Guru Sekolah Luar Biasa dalam Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus Pendahuluan Semua anak yang lahir di dunia dikaruniai oleh Allah SWT dengan kesempatan baik. xx(xx), 40–53.

Manduku, J., Koech, Z., & Chepkirui, P. (2016). stres management strategis and their effects on teachers’ commitment in primary schools in Sabatia District, Vihiga County, Kenya. Education Research Journal, 6(1), 12.

Nasuha, Widodo, D., & Widiani, E. (2016). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas dalam Terhadap Tingkat Kecemasan pada Lansia di Posyandu Lansia RW IV Dusun Dempok Desa Gading Kembar kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Jurnal Nursing News, 1(2), 53–62.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=UKy1jgEACAAJ

Suminarsis, T. A., & Sudaryanto, A. (2017). Hubungan antara tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa keperwatan menghadapi praktek belajar lapangan di rumah sakit. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 149–154. https://journals.ums.ac.id/index.php/BIK/article/viewFile/3808/2468

Usman, N., Widyastuti, W., & Ridfah, A. (2021). Teknik Deep Breathing Relaxation Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Saat Bimbingan Skripsi. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 77. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.19411

Yuwono, S. D. (2020). Profil Kondisi Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Dasar Intervensi Dalam Praktek Mikrokonseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 132–138.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Ida Bagus Gde Agung Yoga Pramana, & Nuning Indah Pratiwi. (2023). Pelatihan Manajemen Stres Kepada Guru SMPN 4 Banjar, Buleleng - Bali. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 162–168. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3340

Issue

Section

Articles