Pelatihan Pengembangan Produk UMKM di Kecamatan Sako Palembang
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3568Keywords:
Pemasaran, Desain, Logo, Online, DigitalAbstract
Sebagian besar masyarakat memanfaatkan waktu luangnya untuk berinvenstasi dalam industri makanan. Namun, hanya sebagian kecil orang yang tahu cara meningkatkan nilai ekonomi produk dan membuatnya berkualitas tinggi dan sesuai standar. Untuk mendapatkan legalitas hukum untuk jenis usahanya, masyarakat yang akan memulai bisnis harus mempertimbangkan perizinan usaha. Selain itu, desain produk, kemasan, standar, dan strategi pemasaran yang efektif. Kemasan makanan yang baik meningkatkan kualitas dan estetika makanan. Seperti yang diketahui, bisnis saat ini lebih suka menggunakan pemasaran online daripada toko fisik. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan edukasi, sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat di Kecamatan Sako tentang cara mengembangkan UMKM dengan lebih baik dan berbasis teknologi pemasaran digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini direncanakan selama kurang lebih 6 bulan. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, pemerintah Kecamatan Sako dan masyarakat menggunakan pendekatan untuk mensinergikan aktivitas dalam program pemerintah daerah. Masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan benar, dan solusi dapat ditemukan dengan mudah. Pengetahuan masyarakat bertambah dengan pelaksanaan program ini. Dari desain logo yang sebelumnya sederhana, namun dapat diperbaharui dengan lebih menarik dengan gambar dan tulisan yang sangat informatif. Menggabungkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ditempuh pada semester 7 Program Studi Teknik Industri, kegiatan ini merekognisi satuan kredit mahasiswa.
Downloads
References
Bustomi, M. A., Rohedi, A. Y., Sunarno, H., Prajitno, G., Indarto, B., Muchammad, N., & Purwanti, E. (2020). Pelatihan Pemasaran Online Produk Masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 5(2), 27–38. Retrieved from http://mediteg.politala.ac.id/index.php/mediteg/article/view/73/69
Hayatie, M. N., Gautama, M. S., & Sur, W. A. A. (2021). Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Online pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Bubungan Tinggi, 3(1), 58–62.
Ikhram, A., & Chotimah, I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Diversifikasi Pangan Masyarakat Melalui Inovasi Pangan Lokal Dari Singkong. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 271–278.
Nurrahma, F., Khotimah, K., & Islamay, S. V. (2022). Dampak Program Bantuan Produktif Usaha Mikro Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.33005/jdep.v5i1.318
Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914
Pratiwi, I., Pamuji, M., & Nasir, N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Diversifikasi Produk Pangan. Ikra-Ith Abdimas, 7(3), 187–193. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v7i3.3012
Romadhona, S., Sudibya, J., T, S., Arizona, L. M., & Rambi, A. (2019). Pemanfaatan Limbah Gelas dan Botol Plastik Sebagai Media Tanam Penunjang Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pembentukan Kampung Hidroponik di Lahan Rawa. Warta Pengabdian, 13(4), 147–156. https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i4.11314
Sumadi. (2020). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS MANAJEMEN ORGANISASI DI KARANG ANOM KLATEN. Jurnal Budimas, 02(02), 153–157.
Triastity, R., & Susanti, R. (2020). Pengabdian masyarakat dengan tema pelatihan pemasaran online pada karang taruna kalurahan manahan kecamatan banjarsari kota surakarta. Jurnal Abdi Widya, 4(1A), 95–112.
Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702
Wibowo, H., Marni, Z., Suryaningrum, R. A., Agustami, S. S., Pamungkas, G. A. D., & Sa’bani, N. K. (2020). Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat. Jurnal Sawala, 1(2), 59–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irnanda Pratiwi, Selvia Aprilyanti, Winny Andalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.