Peningkatan Kreativitas Tenaga Pengajar dan Pegawai di SD Mataram Dalam Pembuatan Website Dengan Memanfaatkan Layanan Google

Authors

  • Ni Wayan Priscila Yuni Praditya Universitas Indo Global Mandiri
  • Tasmi Universitas Indo Global Mandiri
  • Fery Antony Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.4017

Keywords:

Pelatihan, Website, Database, Layanan google, Google sheets

Abstract

Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini. Teknologi informasi memiliki berbagai macam platform yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bidang perdagangan, pertanian, pemerintahan dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi dapat di manfaatkan sebagai media untuk pengolahan data pegawai maupun data siswa. Pengelolaan data ini dapat memanfaatkan alat atau tools yang disediakan oleh Perusahaan mesin pencarian yaitu Google. Layanan google memiliki berbagai macam tools seperti google form, google drive, google sheets, google slide dan sebagainya. Pada kegitan pengabdian kepada masyarakat ini, Tim akan membantu dalam meningkatkan kreativitas tenaga pengajar dan pegawai dalam mengelolah data dengan cara memanfaatkan google sheets sebagai data base penyimpanan data pegawai atau data siswa yang kemudian akan di ubah menjadi tampilan website sederhana. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah metode presentasi dan pendampingan langsung dalam bentuk praktikum penggunakan aplikasi layanan google. Hasil dari kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan pegawai dalam pemanfaatan aplikasi google sebagai bekal untuk berkreatifitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menghadapi tantangan didunia kerja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertempat di Sekolah Dasar (SD) Mataram Kecamatan Sako Kota Palembang. SD Mataram Palembang merupakan salah satu dari bagian satuan pendidikan dengan jenjang sekolah dasar yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D., & Patiro, S. P. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Google Suite Untuk Pembelajaran pada SMP Negeri 69 Jakarta. Jurnal Universal Raharja Community (URNITY), 1-8.

Aryani, D., Malabay, Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan PemanfaatanGoogle Classroomuntuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daringsaat PandemiCOVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdimas, 373-378.

Asqia, M., & Nabarian, T. (2021). Pemanfaatan Google Sheets dan Google Form Untuk Layanan Administrasi Mahasiswa Menggunakan Konsep Electronic Service Quality. Jurnal Teknologi Terpadu, 15-22.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (pp. 298-303). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Astini, N. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi InformasiDalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 242-255.

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 39-46.

Cholik, C. A. (2022). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidika Di Era New Normal . Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 239-245.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Informasi Komputer Akuntansi dan Manajemen (INFOKAM), 116-123.

Hardaiana, & Akramunnisa. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom padaPembelajaran DaringdiSMK Analisis Mandala Bakti KotaPalopo. Abdimas Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 36-41.

Hasdiana, Sembiring, B. O., & Nurjamiyah. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Layanan Google Suite pada SMK Swasta MandiriPercutSei Tuan. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 47-51.

Hasibuan, N. A., Fau, A., & Ulfa, K. (2021). Pelatihan PemanfaatanGoogle Classroomuntuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daringsaat PandemiCOVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdimas Budi Darma, 61-65.

Marcica, E., & Nurmatin, S. (2020). Pemanfaatan Google Form Sebagai Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat AL-ABHATS, 1-5.

Nugraha, J. A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Layanan Google Pada Guru Kas Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada MAsyarakat (PEKAMAS), 85-91.

Purnamasari, E., Lestari, E. S., & Marselena, D. (2023). Cara Pembuatan Soal Ujian Online Berpasword Menggunakan Google Form. Jurnal ABDIMAS MANDIRI, 42-47.

Saggaf, A., Siregar, M. I., Hidayat, M., Pispita, M., & Atiyatna, D. P. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Software Excel Kepada Para Pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam di Desa Muara Penimbung Ulu Ogan Ilir. Jurnal ABDIMAS MANDIRI, 15-20.

Sari, P. I., Syafii, R., Lbs, D. F., Syadi, A., & Nasution, P. (2022). Pemanfaatan fasilitas Google dalam perkuliahan di Fakultas Teknologi Informasi. Blend Sains Jurnal Teknik, 108-113.

Tanjung, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Google Workspace for Education di SMPN 4 Tanah Merah. Instructional Development Journal (IDJ), 53-60.

Wiratsiwi, W., & Mizan, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan google classroom dan google form bagi guru SD negeri di Kecamatan Singgahan Tuban. Community Empowerment, pp. 688-693.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Yuni Praditya, N. W. P., Tasmi, & Antony, F. (2024). Peningkatan Kreativitas Tenaga Pengajar dan Pegawai di SD Mataram Dalam Pembuatan Website Dengan Memanfaatkan Layanan Google. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 45–51. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.4017

Issue

Section

Articles