Penerapan Service Excellence dalam Pelayanan pada LPD Desa Adat Kukuh
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4386Keywords:
Ekonomi Digital, Lembaga Perkreditan Desa, Pelayanan PrimaAbstract
Era ekonomi digital memberikan tantangan bagi lembaga keuangan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Service excellence merupakan suatu keharusan bagi organisasi jasa, terutama di era ekonomi digital. Lembaga Perkreditan Desa (LPD) merupakan lembaga keuangan mikro di Provinsi Bali yang perlu menerapkan service excellence kepada nasabah. Meskipun demikian, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah masih rendahnya kompetensi pegawai LPD sehingga belum mampu memberikan pelayanan prima kepada nasabah. Oleh karena itu, perlu dilakukan program capacity building berupa pelatihan praktik service excellence untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas pegawai LPD. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai LPD, khususnya dalam pemberian layanan prima. Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan di LPD Desa Adat Kukuh yang berlokasi di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai LPD Desa Adat Kukuh. Metode pelaksanaan meliputi empat tahapan, yaitu observasi, penyuluhan, pelatihan, dan evaluasi. Hasil penilaian menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan kompetensi peserta pelatihan service excellence sebesar 7.67%. Hasil ini mengisyaratkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah berjalan secara efektif. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi pegawai dan kinerja LPD dalam memberikan pelayanan di sektor keuangan. Hasil kegiatan mengimplikasikan bahwa pengelola LPD hendaknya senantiasa untuk melakukan pelatihan service excellence secara berkala dalam upaya untuk meningkatkan daya saing LPD dengan lembaga keuangan mikro lainnya.
Downloads
References
Agustini, M. E. (2019). Peran Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dalam memberikan pelayanan pada masyarakat Desa Legian. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 279–291. https://doi.org/10.38043/jids.v3i2.2212
Ariffin, H., Mokhtar, S. S. M., & Yusoff, Y. M. (2020). Service excellence in the Malaysian public university: A pilot study. European Academic Research, VIII(1), 1–17. https://euacademic.org/UploadArticle/4314.pdf
Arifin, Z., Susanti, S., & Salim, A. (2024). Analisis pengaruh service performance terhadap loyalitas dan kepuasan sebagai variabel moderating pada LPD Desa Adat Anturan Singaraja-Bali. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 149–157. https://doi.org/10.32938/ie.v6i2.7073
Desiyanti, N. L., Sudja, I. N., & Martini, L. K. B. (2018). Effect of service quality on customer satisfaction, customer delight, and customer loyalty (Study on LPD Desa Adat Sembung and LPD Desa Adat Seseh). International Journal of Contemporary Research and Review, 9(03), 20660–20668. https://doi.org/10.15520/ijcrr/2018/9/03/483
Farla, W., Zunaidah, Z., Nailis, W., & Siregar, L. D. (2022). Perencanaan sumber daya manusia pada era digital untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro di Desa Kerinjing, Ogan Ilir. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1). https://doi.org/10.36982/jam.v6i1.2075
Ichsan, R. N. (2023). Strategi pengembangan sumber daya insani: Peningkatan service excellent karyawan bank syariah di Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7187–7197. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2692
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit. Springer.
Kurniasari, T. W. (2007). Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dalam perspektif hukum: Sebuah lembaga keuangan adat Hindu penggerak usaha sektor informal di Bali. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 9(1), 54–78.
Maleha, N. Y., & Choiriyah, C. (2018). Sosialisasi pengenalan lembaga keuangan konvensional dan syariah di SMA Adabiyah Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.448
Maleha, N. Y., & Fadilla, F. (2019). Sosialisasi pemasaran dan komunikasi terhadap minat nasabah untuk menabung di BMT. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.825
Martini, L. K. B., & Kepramareni, P. (2015). Pengembangan soft skill sumber daya manusia pada lembaga perkreditan desa. Jurnal Bakti Saraswati, 4(2), 75616. https://web.archive.org/web/20180414024616id_/http://ojs.unmas.ac.id/index.php/Bakti/article/viewFile/82/58
Noviyanti, N. L. P., Rustiarini, N. W., & Dewi, N. P. S. (2021). Do individual characteristics and bystander effect increase the accounting fraud? Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 11(2), 321–334.
Primadona, I. A. L., Rustiarini, N. W., Putra, I. G. C., & Yuesti, A. (2024). Increasing accounting competency and financial reporting in village crediting institution. Asian Journal of Community Services, 3(1), 173–180.
Putra, I. P. M. J. S., Mahaputra, N. K. A., & Kepramareni, P. (2023). Peningkatan tata kelola & kompetensi SDM menuju bisnis berkelanjutan LPD Kukuh, Marga-Tabanan. Jurnal Dharma Jnana, 3(3), 229–235. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/dharmajnana/article/view/8137/6377
Sari, I. P. (2023). Analisis service excellent di PT. BPRS Lantabur Tebuireng Jombang ditinjau dari Islamic business ethics. Journal of Cross Knowledge, 1(2), 1–20. https://edujavare.com/index.php/IJCK/article/view/85/63
Sekhon, H. S., Al-Eisawi, D., Roy, S. K., & Pritchard, A. (2015). Service excellence in UK retail banking: Customers’ perspectives of the important antecedents. International Journal of Bank Marketing, 33(7), 904–921. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2014-0136
Suartina, I. W., Mahayasa, I. G. A., Tuty, T. I., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2019). Peningkatan kualitas layanan, kinerja karyawan, dan kepuasan konsumen melalui pelatihan softskill (Program pengabdian kepada masyarakat pada BKS LPD Ubud). Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 8–20.
Yanti, N. P. I., & Handayani, M. M. (2024). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada lembaga perkreditan desa pakraman Akah kabupaten Klungkung. Journal Human Resources 24/7: Business Management, 1(2), 59–76.
Ziyad, A., Rehman, Z. U., Batool, Z., & Khan, A. H. (2020). Influence of service excellence on consumer satisfaction of ridesharing industry. International Journal for Traffic and Transport Engineering, 10(4), 468–481. https://eprints.whiterose.ac.uk/168406/3/IJTTE.pdf/1000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Mita Ari Murti, Ida Ayu Lidya Primadona, Ni Putu Nita Anggraini, Putu Kepramareni, Ni Wayan Rustiarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.