ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN PERAJIN KAIN TENUN SONGKET DI DESA GUNUNG BATU KECAMATAN OGAN KOMERING ULU TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.457Abstract
Songket yang terdapat di Palembang terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Palembang.  Sentra tersebut sudah berjalan puluhan tahun dan terdapat ± 50 perajin wanita yang memproduksi kain tenun Songket. Para perajin industri rumahan dan terdiri dari beberapa kelompok usaha. Hasil produksinya berkualitas rendah dengan harga berkisar antara Rp. 500.000,- - Rp. 1.000.000,-/ helai. Sebagian besar hasil produksinya dipasarkan ke pasar-pasar di kota Palembang, misalnya ke pasar Hero. Tujuan melakukan kemitraan dengan kelompok usaha kain tenun Songket kelompok Aisyah dan Ayu Ning tersebut untuk membina para perajin, khususnya perihal ketrampilan teknis dan teknik pemasaran baru yang lebih sesuai dengan situasi dan kondisi pasar dan pembeli saat ini. Kondisi usaha mitra saat ini memproduksi jenis kain tenun Songket kualitas rendah sehingga keuntungan mitra maupun pendapatan perajinnya pun minim. Nilai jual yang tinggi terletak pada motif yang rumit dan kualitas bahan baku yang digunakan, misalnya benang sutra atau emas. Namun jenis produk kedua mitra bersifat produksi massal dan segmen pasarnya masyarakat bawah. Oleh karena itu, melalui program kemitraan IbM ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan marjin keuntungan mitra dan perajinnya. Target khusus yang ingin dicapai oleh kemitraan ini adalah meningkatkan jumlah perajin yang saat ini mengalami kesulitan mendapatkan tenaga perajin dikarenakan upah yang minim sedangkan pekerjaannya rumit dan harus teliti. Melalui pelatihan/workshop keterampilan menenun tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan terhadap pekerjaan kerajinan tenun Songket. Metode yang akan dilaksanakan adalah metode eksperimental yaitu melakukan eksperimen melalui pelatihan/workshop ketrampilan teknis menenun dan menggunakan medium web sebagai medium on line marketing.
Kata kunci: Kualitas, Strategi pemasaran dan Songket
Downloads
References
Drucker, Peter F. 1994. Inovasi dan Kewirausahaan, Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Drucker, Peter, F. 2002. The Dicipline of Innovation. Harvard: Harvard Business School Publishing Corporation
Gustami, S.P. Seni Kriya di Indonesia Dalam Konteks Budaya Bangsa. Makalah Seminar, 15 April 2003.
Jones, John Chris. 1992. Design Methods, Second edition. New York: Van Nostrand Reinhold.
Lundsörm, Anders. 2009. The Role of SMEs and Entrepreneurship in A Globalized Economy. Stockholm: The Globalization Council.
Natawiria, Asep Suryana. Developing Creative Industries to Build Competitive Nation in Indonesia, Case Study: Korea. Makalah Seminar, 2010: Bandung: Universitas Pasundan.
Sagir, Soeharsono. 2011. Ekonomi Berpihak Kepada Rakyat, Pro Poor, Pro Job, Pro Growth. Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).
Walker, John A. 1989. Design History and the History of Design. London: Pluto Press.
--------Lahan Wirausaha dalam Industri Kreatif, Kompas, 22 Mei 2013, hal. 3