Optimalisasi Usaha IKM Wajan Banyuasin melalui Pelatihan Digital Marketing

Authors

  • Meidyan Permata Putri Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Hendra Hadiwijaya Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Mirza Putri Andita Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
  • Andri Saputra Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.4679

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Transformasi Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih menjadi penopang utama perekonomian di Indonesia, sehingga pemerintah merancang program khusus untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan UMKM. Salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mendukung perkembangan UMKM adalah digitalisasi UMKM. Program ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi, yang menuntut UMKM untuk bertransformasi digital guna mempertahankan daya saingnya. Namun, rendahnya literasi digital menjadi tantangan bagi UMKM, seperti yang dialami oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Wajan Cap Jankar di Kabupaten Banyuasin, dalam menerapkan transformasi digital pada bisnisnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, diberikan pelatihan dan pendampingan kepada IKM Wajan Cap Jankar agar proses adopsi digital, terutama dalam bidang pemasaran, dapat diterapkan secara berkelanjutan. Pelatihan ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan, menyediakan website sebagai sarana pemasaran digital, serta memberikan pendampingan guna memastikan kelancaran adopsi digital. Program pelatihan ini meliputi literasi digital dasar, e-commerce, dan pemasaran digital. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada Agustus hingga Oktober 2024. Program pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa pemilik IKM Wajan Cap Jankar mampu memahami pemasaran digital serta mengoperasikan website yang disediakan dalam program. Evaluasi bersama pemilik IKM Wajan Cap Jankar menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam memahami dan mengimplementasikan pemasaran digital yang sebelumnya kurang dipahami. Penerapan pemasaran digital ini juga berdampak pada peningkatan penjualan IKM Wajan Cap Jankar sebesar 35%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andita, M. P., Annisa, M. L., & Pramono, S. (2024). Analisis Insight Instagram Business Untuk Pengambilan Keputusan Bisnis yang Lebih Cerdas. 2023, 426–432.

Hadiwijaya, H., & Yustini, T. (2023). Analysis of Consumer Preferences towards Digital Marketing and Its Implications on the Competitive Advantage of SMEs in Banyuasin Regency. Annals of Human Resource Management Research, 3(2), 83–96.

Haer, J., & Mulyaningsih, T. (2023). Adopsi Teknologi Digital dan Kinerja Wirausaha: Apakah Eks Pekerja Migran Lebih Adaptif dan Produktif? Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(3), 419–428. https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.65470

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719

Indra, A. M., & Febrianty. (2024). Leveraging Digital Transformation And The SMAC Framework To Advance Sdgs. Migration Letters, 21(S3), 777–786.

Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.291

Pratiwi, I., Aprilyanti, S., & Andalia, W. (2024). Pelatihan Pengembangan Produk UMKM di Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3568

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35094

Sastra, Y. (2023). Kadin Indonesia Dorong Penguatan UMKM agar Jadi Fondasi Ekonomi Nasional. Kompas.

Souisa, W. (2022). Pengaruh Flash Sale dan Citra Merek terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Lazada. Jurnal Mirai Management, 7(2), 508–514. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2674

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Permata Putri, M., Hadiwijaya, H., Putri Andita, M., & Saputra, A. (2025). Optimalisasi Usaha IKM Wajan Banyuasin melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Mandiri, 9(1), 11–17. https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.4679

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 69 / PDF downloads: 43