Optimalisasi Usaha IKM Wajan Banyuasin melalui Pelatihan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.4679Keywords:
UMKM, Pemasaran Digital, Transformasi DigitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih menjadi penopang utama perekonomian di Indonesia, sehingga pemerintah merancang program khusus untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan UMKM. Salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mendukung perkembangan UMKM adalah digitalisasi UMKM. Program ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi, yang menuntut UMKM untuk bertransformasi digital guna mempertahankan daya saingnya. Namun, rendahnya literasi digital menjadi tantangan bagi UMKM, seperti yang dialami oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Wajan Cap Jankar di Kabupaten Banyuasin, dalam menerapkan transformasi digital pada bisnisnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, diberikan pelatihan dan pendampingan kepada IKM Wajan Cap Jankar agar proses adopsi digital, terutama dalam bidang pemasaran, dapat diterapkan secara berkelanjutan. Pelatihan ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan, menyediakan website sebagai sarana pemasaran digital, serta memberikan pendampingan guna memastikan kelancaran adopsi digital. Program pelatihan ini meliputi literasi digital dasar, e-commerce, dan pemasaran digital. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada Agustus hingga Oktober 2024. Program pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa pemilik IKM Wajan Cap Jankar mampu memahami pemasaran digital serta mengoperasikan website yang disediakan dalam program. Evaluasi bersama pemilik IKM Wajan Cap Jankar menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat membantu dalam memahami dan mengimplementasikan pemasaran digital yang sebelumnya kurang dipahami. Penerapan pemasaran digital ini juga berdampak pada peningkatan penjualan IKM Wajan Cap Jankar sebesar 35%.
Downloads
References
Andita, M. P., Annisa, M. L., & Pramono, S. (2024). Analisis Insight Instagram Business Untuk Pengambilan Keputusan Bisnis yang Lebih Cerdas. 2023, 426–432.
Hadiwijaya, H., & Yustini, T. (2023). Analysis of Consumer Preferences towards Digital Marketing and Its Implications on the Competitive Advantage of SMEs in Banyuasin Regency. Annals of Human Resource Management Research, 3(2), 83–96.
Haer, J., & Mulyaningsih, T. (2023). Adopsi Teknologi Digital dan Kinerja Wirausaha: Apakah Eks Pekerja Migran Lebih Adaptif dan Produktif? Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(3), 419–428. https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.65470
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Indra, A. M., & Febrianty. (2024). Leveraging Digital Transformation And The SMAC Framework To Advance Sdgs. Migration Letters, 21(S3), 777–786.
Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.291
Pratiwi, I., Aprilyanti, S., & Andalia, W. (2024). Pelatihan Pengembangan Produk UMKM di Kecamatan Sako Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3568
Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35094
Sastra, Y. (2023). Kadin Indonesia Dorong Penguatan UMKM agar Jadi Fondasi Ekonomi Nasional. Kompas.
Souisa, W. (2022). Pengaruh Flash Sale dan Citra Merek terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Lazada. Jurnal Mirai Management, 7(2), 508–514. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2674
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meidyan Permata Putri, Hendra Hadiwijaya, Mirza Putri Andita, Andri Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
