Edukasi Metode Penetapan Harga Jual pada Hasil Produk Kreatif Sebagai Latihan Berwirausaha Siswa SMK Sahid Surakarta

Authors

  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta
  • Annisa Indah Mutiasari Universitas Sahid Surakarta
  • Rusnandari Retno Cahyani Universitas Sahid Surakarta
  • Adila Eva Amaraningtyas Universitas Sahid Surakarta
  • Adhelya Jeanie Anggraeni Putri Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4714

Keywords:

Harga Jual, Produk Kreatif, Wirausaha

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi metode penetapan harga jual hasil produk kreatif dan memberikan pelatihan cara perhitungan penentuan harga jual. Pertimbangan keputusan harga jual seringkali belum tepat karena pelaku usaha menentukan harga jual tidak berdasarkan perhitungan dan prinsip akuntansi yang benar, melainkan hanya berdasarkan perkiraan. Penentuan taksiran harga jual yang tidak tepat dapat berdampak pada kontinuitas usaha sehingga menimbulkan kerugian. Kegiatan pengabdian dirancang untuk mengedukasi penetapan harga jual produk kreatif strap/gantungan hp yang dihasilkan berdasarkan perhitungan alokasi bahan baku dan biaya overhead lain yang dikeluarkan. Metode pengabdian adalah sosialisasi latihan berwirausaha kepada siswa SMK, presentasi materi metode harga jual, dan demonstrasi dan pendampingan pembuatan produk kreatif serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Sebanyak 19 siswa terlibat aktif dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan adalah peningkatan pemahaman siswa terkait penetapan metode harga jual pada produk. Antusiasme dan partisipatif siswa selama kegiatan berlangsung melalui keterlibatan dalam menghitung taksiran harga jual berdasarkan perhitungan pengeluaran bahan baku dan perhitungan biaya variabel lain. Peningkatan pemahaman yaitu 60% siswa mampu memahami penetapan harga jual produk secara tepat berdasarkan perhitungan metode harga jual bukan melalui taksiran. Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman penetapan harga jual mampu dihitung secara tepat untuk menghasilkan profitabilitas dan menjamin keberlangsungan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, D., Erfiyana, N., Simanjuntak, R., Simanjuntak, M., Tarigan, H. E., Evi, P. A. M., & Marbun, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan Dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1), 49–54.

Farla, W., Zunaidah, Z., Nailis, W., & Siregar, L. D. (2022). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pada Era Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Mikro Di Desa Kerinjing, Ogan Ilir. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(1).

Heryati, A. (2021). Analisa Kualitas Website Universitas Indo Global Mandiri Palembang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 317–323.

Heryati, A., Afriyani, F., & Ulfa, B. (2020). Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 552–559.

Kuratko, D. F. (2016). Corporate entrepreneurship. The Routledge Companion to the Makers of Modern Entrepreneurship, 154.

Milicevic, A., Woolfe, S., Blazely, A., Lenroot, R., & Sewell, S. (2020). Enhancing creativity through seven stages of transformation in a graduate level writing course—a mixed method study. Thinking Skills and Creativity, 38, 100712.

Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan dan dampak financial technology (fintech) terhadap perilaku manajemen keuangan di masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80–91.

Raharjo, B. (2021). ‘ Pemanfaatan Digital Marketing pada Era Digitalisasiâ€TM. Dalam Https://Www. Republika. Co. Id/Berita/R4lzqb415/Pemanfaatan-Digital-Marketing-Di-Eradigitalisasi LAMPIRAN Lampiran A: Absensi Dosen Dan Mahasiswa.

Syahza, A., & Riau, U. (2021). Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021. Cetakan Pe. Pekanbaru: UR Press Pekanbaru.

Widjadja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukanjie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Kusumastuti, A. D., Mutiasari, A. I., Cahyani, R. R., Amaraningtyas, A. E., & Anggraeni Putri, A. J. (2024). Edukasi Metode Penetapan Harga Jual pada Hasil Produk Kreatif Sebagai Latihan Berwirausaha Siswa SMK Sahid Surakarta. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(3), 365–371. https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4714

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 16 / PDF downloads: 4