Penguatan UMKM Gula Aren Desa Maddenra Melalui Product Diversification dan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.4924Keywords:
Diversifikasi Produk, Digital Marketing, Gula Aren, UMKMAbstract
UMKM Gula aren yang ada di desa maddenra memiliki potensi pertanian pohon aren yang melimpah dengan nilai ekonomis yang menjanjikan, tetapi dalam pengolahan produk gula aren yang selama ini dilakukan masyarakat masih menggunakan metode tradisional dengan hasil produk gula balok dan memiliki jangkauan pemasaran hanya sebatas wilayah lokal, maka dari itu tim PkM memiliki tujuan untuk memberikan inovasi baru dalam proses produksi gula aren dengan mengadopsi teknologi produksi dan product diversification berupa produk baru gula semut, diversifikasi ini memberikan dampak positif, baik dalam meningkatkan nilai penjualan produk maupun menciptakan identitas produk yang kuat. Tujuan kegiatan ini juga meningkatkan penghasilan petani gula aren melalui teknik digital marketing yang lebih luas jangkuan pasar untuk produk-produk Kelompok Tani Hutan Cenreanging. Metode pelaksanaan dibagi menjadi beberapa tahapan antara lain tahapan sosialisasi program PkM melalui Focus Group Discussion (FGD), tahapan pelatihan, Penerapan teknologi dalam proses produksi akan memakai alat pengolahan gula semut menggunakan mesin, Pendampingan dan evaluasi secara berkala selama pelaksanaan program dan keberlanjutan Program. Dari hasil kegiatan PkM ini UMKM gula aren masyarakat desa maddenra mengalami peningkatan pengetahuan mengenai diversifikasi produk, keterampilan dalam memproduksi gula semut, memiliki branding produk dengan brand lokal sendiri, kemampuan untuk pemasaran secara digital, dan penjualan produk gula aren dan gula semutnya dari harga jual awal untuk gula merah kotak menjadi gula semut mencapai peningkatan 233,4%. Pendapatan petani meningkat dengan kualitas produk baru, brand baru dan pemasaran yang lebih luas.
Downloads
References
Arsana, I. K. S., Olilingo, F. Z., Antu, Y., & Rachman, E. (2023). PKMS Pembedayaan kelompok usaha gula aren melalui diversifikasi produk olahan air nira sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat di desa tri rukun kec. wonosari kabupaten boalemo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (J-PMas), 2(2), 80–93.
Evalia, N. A. (2015). Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(1), 57–67. https://doi.org/10.17358/jma.12.1.57
Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134
Irwan Wirajaya, Rismania Tiara Milenia, Irwan Hidayat, Bagus Satrialdy Azhar, , A A Istri Adeka Saputri, Lidya Saraswati Dellaneyra, Arya Hidayat, Ni Putu Ayu Aprila Andra Kumara, Kurniati, Septiana Dewi Putri, Titi Andriani, Talia Wandiyani, & Baiq Farista. (2022). Pendampingan Dalam Produksi dan Pemasaran Gula Aren Cair di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 37–41. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1559
Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p369-376
Nugraha, R., Rahman, U., & Iqbal, M. (2023). Analisis penerapan digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan pada usaha pembuatan batu bata Desa Bapangi Kabupaten Sidenreng Rappang. AKUNTANBEL : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 20(4), 521–529. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.14220
Nugraha, R., Rahman, U., Suriadi, Sukriwa, & Basri, S. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Product Branding dan Digital marketing pada UMKM Perkebunan Masyarakat Desa Cenrana Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : BERNAS, 5(1), 1039–1054.
Perwitasari, D. A. (2021). Branding Produk Label Kamasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran pada UMKM Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Mara, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.51747/abdipancamara.v2i1.741
Setyawan, N. A., Ayuwardani, M., Wibowo, B. Y., Kartika, V. S., & Malebra, I. (2023). Pelatihan Digital marketing Untuk Meningkatkan Penjualan & Produktivitas Bagi Komunitas Kpm Pkh. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 69–76. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.2456
Sumartan, Wahyuddin, N. R., & Azwar. (2023). Diversifikasi produk jamur tiram (Pleurotus Ostreatus): Kreativitas dalam menciptakan nilai tambah dan peluang bisnis produk pertanian. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11912–11918.
Suriadi, S., Fadlina, F., & Rahman, U. (2023). The Effect Of Service Marketing Mix On Costumer Satisfaction At PT. Bank Danamon Indonesia, TBK Mamuju Unit Sub-Branch. Jurnal Ekonomi Ichsan Sidenreng Rappang, 2(1), 163–174. https://doi.org/10.61912/jeinsa.v2i1.21
Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Pertumbuhan Dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Pada Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140
Tampubolon, H., Sigit, S., & Muharom, M. (2022). Peningkatan kapasitas produksi dengan mesin teknologi tepat guna pembuatan kue bakpia untuk UKM di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Teknologi (Dimastek), 01(01), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Romy Nugraha, Sumartan, Suriadi, Haswandi, Jumahida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
