Pendampingan Bahasa Inggris dan Membuat Konten Digital Sebagai Upaya Mendukung Promosi Pariwisata Pulau Misool
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.5025Keywords:
Pendampingan, Bahasa Inggris, Konten Digital, PariwisataAbstract
Kepulauan Misool, bagian dari Kab. Raja Ampat, memiliki potensi pariwisata yang belum sepenuhnya dikembangkan, meskipun terkenal dengan tempat-tempat menarik seperti Goa Keramat dan Puncak Harfat. Komunikasi dengan wisatawan asing menjadi tantangan karena keterbatasan bahasa Inggris di kalangan masyarakat setempat. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan keterampilan membuat konten digital untuk promosi pariwisata. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting masyarakat, terutama remaja, menunjukkan penguasaan Bahasa Inggris yang masih lemah dan minim keterampilan digital dalam promosi objek wisata. Menurut data dari berbagai sumber menunjukkan bahwa promosi masih dilakukan secara konvensional, dengan kebutuhan untuk meningkatkan konten digital yang menarik. Program ini bertujuan untuk: 1). Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris remaja. 2). Mengembangkan keterampilan pembuatan konten digital. 3). Mendukung promosi pariwisata. 4). Memberdayakan remaja lokal. Identifikasi permasalahan utama mencakup kemampuan berbahasa Inggris yang rendah dan keterampilan pembuatan konten digital yang kurang. Solusi mencakup pelatihan Bahasa Inggris dan pembuatan konten digital. Program dilaksanakan dalam lima tahapan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan keberlanjutan program. Peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris sebesar 75% dan 65% keterampilan peserta dalam membuat konten digital. Peserta mulai berpartisipasi aktif dalam promosi pariwisata Pulau Misool. Penerapan teknologi dilakukan melalui penggunaan perangkat pengambilan gambar dan aplikasi editing, serta keterlibatan masyarakat dalam program. Rencana selanjutnya mencakup pengembangan modul lanjutan, penyediaan akses teknologi, pemberdayaan komunitas, ekspansi promosi digital, dan monitoring berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan program.
Downloads
References
Agustina, M., Heriani, D., & ... (2024). PEMBUATAN KONTEN PROMOSI DAN COPYWRITING BERBAHASA INGGRIS PADA PENGRAJIN KAIN JUMPUTAN CANTIK MANIS. Indonesian Journal …. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJCD/article/view/274
Ali Sutardi, M. H., & Martina, K. (2015). Strategi Pengembangan Transportasi dalam Mendukung Pengembangan Wilayah (Studi Kasus : Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat). Planesa, 6(01).
Andriyani, A., & ... (2023). PKM MEMBANGUN BRANDING DESA WISATA TISTA PADA ERA REVOLUSI 5.0 DALAM PROMOSI DIGITAL. Community …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23524
Bestari, N. M. P., Tobing, M. M., Kumara, I. N. I., & Latupeirissa, J. J. P. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pelatihan Fotografi Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Desa Pinge, Tabanan - Bali. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 129–138. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3265
BPS. (2022). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Kabupaten Raja Ampat (Jiwa), 2020-2022. Badan Pusat Satistik. https://rajaampatkab.bps.go.id/indicator/16/217/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-dan-domestik-di-kabupaten-raja-ampat.html
Ermerawati, A. B., Claudia, S., & ... (2023). Pelatihan Pembuatan Brosur dan Video Promosi Berbahasa Inggris di Kamwis. Jurnal ABDINUS …. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/18290
Grace, D., Hartono, D., Perdhani, C. W., & ... (2023). Pendampingan Bahasa dan Optimalisasi Promosi Desa Wisata Punten Batu di Media Sosial. Jurnal Gramaswara …. https://gramaswara.ub.ac.id/index.php/gramaswara/article/view/74
Hapsari, W., Assa, V. R., & Macap, A. R. (2013). Sasi" katilol" masyarakat kampung Fafanlap distrik Misool Selatan. Balai Pelestarian Nilai Budaya Papua.
Jendra, I. W., Harisal, H., Kanah, K., & Astuti, N. W. W. (2023). Pengajaran Bahasa Asing Bagi Pelaku Pariwisata di Pantai Melasti, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. BHAKTI PERSADA, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.31940/bp.v9i1.59-66
Lesdiana, A., & Hukom, A. (2023). PENERAPAN GREEN ECONOMY DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN, PARIWISATA SERTA REKREASI UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN DI KOTA YOGYAKARTA. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(4), 1219–1226.
Merdeka, M. B. K. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Purnamaningwulan, R. A., Mukti, T. W. P., Pranatasari, F. D., & ... (2022). Pendampingan Pembuatan Media Promosi Berbahasa Inggris sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Melcosh Café, Roastery, dan Glamcamp. Madaniya. https://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/287
Saputra, D., Akib, R., Idris, I., Anwar, Y., & Yasmin, P. (2023). PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI NASIONAL (GLN) MELALUI KEGIATAN DIGITAL WRITING MARATHON. Prosiding SNAPP: Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 458–467.
Setyawati, E., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Adilla, A. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Kampung Wisata Nopia Sebagai Destinasi Wisata Oleh-oleh Khas Banyumas. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 195–202. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4306
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Saputra, Evi Mufrihah Zain, Hasanudin Hasanudin, Teguh Hidayat Iskandar Alam, Rizal Akib, Rezkiah Hartanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
