Sosialisasi Pentingnya Pengetahuan Jejak Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v9i1.5144Keywords:
Jejak Digital, Literasi Digital, Siswa SDAbstract
Perkembangan era digital membawa tantangan baru, khususnya bagi siswa sekolah dasar yang kini memiliki akses yang luas terhadap perangkat digital. Jejak digital, yakni segala aktivitas yang dilakukan seseorang di dunia maya, dapat menjadi peluang maupun risiko jika tidak dikelola dengan bijak. Sosialisasi mengenai pentingnya jejak digital dilakukan di tiga sekolah dasar di Kabupaten Karawang, yakni SDN Teluk Jambe 2, SDN Sukaluyu 3, dan SDN Sukaharja 2. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara menjaga jejak digital yang aman, positif, dan bertanggung jawab. Metode pelaksanaannya melibatkan perencanaan yang matang, meliputi penyiapan materi yang sesuai dengan usia siswa, penyampaian materi secara interaktif menggunakan media visual, diskusi ringan, simulasi, serta evaluasi melalui kuis. Ice breaking digunakan untuk membangun keterlibatan siswa, sedangkan materi disampaikan dengan contoh nyata untuk memudahkan pemahaman. evaluasi dilakukan melalui kuis interaktif menggunakan aplikasi digital dan ditutup dengan pemberian hadiah edukasi sebagai apresiasi atas partisipasi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa terhadap literasi digital yang ditunjukan dengan antusiasme peserta dalam berdiskusi, khususnya pengelolaan jejak digital. Siswa memahami pentingnya menjaga privasi, menghindari risiko kejahatan digital, dan menciptakan jejak digital yang positif. Diharapkan kegiatan ini dapat membentuk generasi muda yang cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan berperilaku etis di dunia maya. Sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk mendukung siswa dalam menghadapi tantangan era digital secara bijak dan bertanggung jawab.
Downloads
References
Alfred Yetno. (2021). Perlindungan Data Pribadi Dengan Prinsip Mengutamakan Melindungi Privasi Pengguna Dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Hukum Di Indonesia. Satya Dharma: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1).
Asrin, F., Anra, H., Irwansyah, M. A., S, A. S., & Pratama, E. E. (2024). Pemahaman Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Komputer Di Bidang Kesehatan. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 159–168. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4310
Buchanan, R., Southgate, E., & Smith, S. P. (2019). ‘The whole world’s watching really’: Parental and educator perspectives on managing children’s digital lives. Global Studies of Childhood, 9(2), 167–180. https://doi.org/10.1177/2043610619846351
Ferina, I. S., Aspahani, Budiman, A. I., & Bayusari, I. (2024). Sosialisasi Teknologi Informasi Bagi Aparat Desa Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.36982/jam.v8i1.3752
Iskandar. (2022). Mengenal Apa Itu Jejak Digital Aktif dan Pasif di Internet. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/5125435/mengenal-apa-itu-jejak-digital-aktif-dan-pasif-di-internet?page=2
Kumparan. (2023). Pengertian Jejak Digital dan Jenis-jenisnya yang Penting untuk Diketahui | kumparan.com. Kumparan.Com. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-jejak-digital-dan-jenis-jenisnya-yang-penting-untuk-diketahui-20nuSCNUXJN/1
Lutfiany Sutabri, A., Nur Solawati, D., Aulia Pawestri, L., & Rahmawati, F. P. (2021). Partisipasi Keluarga dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19390
Olipas, C. N. P. (2023). Exploring Differences in Demographic Profiles and Digital Footprint Awareness between Private and Public-School Students: A Comparative Study. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(4), 1415–1436. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i4.3552
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Sari, E. A. (2020). Terhadap Jejak Digital Di Youtube Bagi Generasi Millenial. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 42–55.
Sari, P., Taufik, M., & Kusuma Putri, M. (2022). Peran Orang Tua Siswa Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Covid-19 Tingkat SMP (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i1.5934
SeniKomunikasi. (2024). Pengertian Jejak Digital, Jenis-Jenis, Contoh, dan Cara Menghapusnya » Seni Komunikasi. SeniKomunikasi.Com. https://senikomunikasi.com/pengertian-jejak-digital-jenis-jenis-contoh-dan-cara-menghapusnya/
Setiawan, I., Rusydi, I., Rahmawati, A., & Hasanah, S. (2022). Jejak Digital Sebagai Alat Bukti Petunjuk Menurut Pasal 184 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 10(1), 119. https://doi.org/10.25157/justisi.v10i1.7236
Suari, K. R. A., & Sarjana, M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–146. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484
Surmelioglu, Y. (2019). An examination of digital footprint awareness and digital experiences of higher education students. In World Journal on Educational Technology: Current Issues (Vol. 11, Issue 1). www.wj-et.eu
Tukan, G. D., Fatima Nifu, M. O., Besin, J. A., Setyaningsih, F. D., De Rozari, C. C., Nogi Beribe, M. A., Martins, J. A., & Melly Rani, M. E. (2023). Pembelajaran Literasi Media Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 155–161. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3337
Yula Wardani, S., Kadafi, A., & Kartika Dewi, N. (2023). Peran Konselor Dalam Meningkatkan Perilaku Literasi Digital Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia (Vol. 8).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jajam Haerul Jaman, Alyssa Desviana, Syifa Fauziyah, Vanissa Fatimatul Zahra, Arip Solehudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
