EDUKASI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.531Abstract
Teknologi sudah menjadi bagian terintegrasi dari kehidupan manusia. Perkembangan teknologi tidak hanya merubah model bisnis yang bergerak di bidangnya, tapi juga sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Keberadaan UMKM di Indonesia dipercayai mampu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, agar para pelaku UMKM terus dapat bertahan di dunia dengan perubahaan teknologi sangat cepat, maka pelaku UMKM harus terus belajar dan siap untuk merubah model bisnis mengikuti perkembangan zaman. Salah satu perubahan tersebut dengan mendigitalisasi produk yang mereka jual. Edukasi bagi UMKM di kota Palembang terkait bagaimana mengkoneksikan produk mereka secara digital penting untuk dilakukan agar bisnis UMKM tidak hanya bertahan di tengah persaingan tapi juga bisa tumbuh dan berkembang ke skala yang lebih besar.
Kata kunci : E-Commerse, Digitalisasi, UMKMDownloads
References
Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.
Deloitte Access Economics. (2015). UKM Pemicu Kemajuan Indonesia. Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Namani, M.B. (2009). The Role of Information Technology in Small and Medium Sized Enterprises in Kosovo. Small Places Can Change the World. Fulbright Academy 2009 Conference.