PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TEMPE PADA USAHA MANDIRI WARGA RT. 04 KELURAHAN TALANG JAMBE PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.781Abstract
Pelatihan Manajemen Usaha Pemasaran Produk Home Industri Tempe Pada Usaha Mandiri Warga RT.04 Kelurahan Talang Jambe Palembang diharapkan akan memberikan wawasan baru dalam memasarkan produk tempe melalui kegiatan promosi dan distribusi yang baik. Pemahaman yang baik terhadap kegiatan promosi dan distribusi akan membuat home industry tersebut mendapatkan laba yang tinggi dan berkembang sehingga bisa merekrut tenaga kerja dan dapat mengurangi jumlah pengangguran di sekitaran Kelurahan Talang Jambe. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode presentasi mengenai pengenalan kegiatan promosi dan distribusi. Penerapan kegiatan promosi dengan menggunakan sosial media, menawarkan produk secara gratis, memilih tempat strategis, memberi insentif untuk rekomendasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan penerapan kegiatan distribusi dengan saluran distribusi intensif dimana barang yang dipasarkan bisa menyebarluas dan dapat menjangkau semua lokasi dimana calon konsumen berada. Metode evaluasi dengan mengamati perbedaan sebelum dan setelah pelatihan. Hasil yang dicapai terlihat peningkatan kegiatan promosi dan distribusi yang cukup signifikan dibanding dengan sebelum dilatih, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta dan memicu motivasi untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif. Program pelatihan ini diharapkan terus diadakan pada setiap jenis usaha sejenis karena sangat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan promosi dan distribusi produk.
Kata kunci : Pemasaran, Promosi dan DistribusiDownloads
References
Kotler, P., Kartajaya, H., Setiawan, I., 2010, Marketing 3.0, 36, John Wiley and Sons Inc., New Jersey
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Basu Swastha.2002.Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty
Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Gitosudarmo Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan kedua. Penerbit : BPFE – Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketin, 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama