SOSIALISASI PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT

Authors

  • Nova Yanti Maleha STEBIS IGM
  • Fadilla Fadilla STEBIS IGM

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.825

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) / Koperasi Keuangan Jasa Syariah sebagai lembaga keuangan mikro berbasis syariah muncul dan mencoba menawarkan solusi bagi masyarakat kelas bawah. Oleh karna itu adanya beberapa aspek penting yang harus dilihat dalam keberhasilan BMT yaitu konsep pemberdayaan yang dilakukan BMT sehingga dapat terlihat unggul terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi STEBIS IGM dan karakteristik nasabah yang secara otomatis dapat diposisikan sebagai objek pemberdayaan. Pada  STEBIS IGM Palembang. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan tentang seputaran jasa BMT (Baitul Maal wat Tamwil) terutama mensosialisasikan bagaimana pemasaran dan kounikasi terhadap nasabah untuk bergabung di BMT. Proses kegiatan dilaksanakan dalam waktu 3 minggu dalam satu bulan mulai dari proses persiapan hingga pembuatan laporan kegiatan. Tujuan kegiatan ini adalah sehingga para mahasiswa/i STEBIS IGM Palembang dapat mengenal produk atau jasa BMT yang dapat meningkatkan pengetahuan dalam menggunakan pembiayaan.

Kata kunci : Pemasaran, Komunikasi, Minat Nasabah, dan BMT

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nova Yanti Maleha, STEBIS IGM

Program Studi Ekonomi Syariah

Fadilla Fadilla, STEBIS IGM

Program Studi Ketua Prodi Perbankan Syariah

References

Danang Sunyoto, 2015, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: CAPS)

Gita Danupranata, 2015, Manajemen Perbankan Syariah, (Jakarta: Salemba Empat)

Irham Fahmi, Manjemen Perbankan Konvensional &Syariah, (Jakarta: Mitra Wacana)

Fandiy Tjiptono, 2015, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET)

Muhammad Ridwan, 2014, Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (BMT), (Yogyakarta: UII Press)

Neni Sri Imaniyati, 2010, Aspek-Aspek Hukum BMT (Baitul Maal Wat Tamwil), (Bandung, PT. Citra Aditya Bakti)

Nur Rianto Al Arif, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta)

Nur Rianto Al Arif, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta)

Sudaryono, 2016, Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET)

Suharsimi Arikunto, 2016, Manajemen Penelitian, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA)

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Maleha, N. Y., & Fadilla, F. (2019). SOSIALISASI PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2). https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.825

Issue

Section

Articles