SOSIALISASI PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.825Abstract
Baitul Maal wat Tamwil (BMT) / Koperasi Keuangan Jasa Syariah sebagai lembaga keuangan mikro berbasis syariah muncul dan mencoba menawarkan solusi bagi masyarakat kelas bawah. Oleh karna itu adanya beberapa aspek penting yang harus dilihat dalam keberhasilan BMT yaitu konsep pemberdayaan yang dilakukan BMT sehingga dapat terlihat unggul terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi STEBIS IGM dan karakteristik nasabah yang secara otomatis dapat diposisikan sebagai objek pemberdayaan. Pada STEBIS IGM Palembang. Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan tentang seputaran jasa BMT (Baitul Maal wat Tamwil) terutama mensosialisasikan bagaimana pemasaran dan kounikasi terhadap nasabah untuk bergabung di BMT. Proses kegiatan dilaksanakan dalam waktu 3 minggu dalam satu bulan mulai dari proses persiapan hingga pembuatan laporan kegiatan. Tujuan kegiatan ini adalah sehingga para mahasiswa/i STEBIS IGM Palembang dapat mengenal produk atau jasa BMT yang dapat meningkatkan pengetahuan dalam menggunakan pembiayaan.
Kata kunci : Pemasaran, Komunikasi, Minat Nasabah, dan BMTDownloads
References
Danang Sunyoto, 2015, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: CAPS)
Gita Danupranata, 2015, Manajemen Perbankan Syariah, (Jakarta: Salemba Empat)
Irham Fahmi, Manjemen Perbankan Konvensional &Syariah, (Jakarta: Mitra Wacana)
Fandiy Tjiptono, 2015, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET)
Muhammad Ridwan, 2014, Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (BMT), (Yogyakarta: UII Press)
Neni Sri Imaniyati, 2010, Aspek-Aspek Hukum BMT (Baitul Maal Wat Tamwil), (Bandung, PT. Citra Aditya Bakti)
Nur Rianto Al Arif, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta)
Nur Rianto Al Arif, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta)
Sudaryono, 2016, Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET)
Suharsimi Arikunto, 2016, Manajemen Penelitian, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA)