PENGARUH PEMBANGUNAN PERUMAHAN TERHADAP KONDISI EKONOMI, SARANA, DAN PRASARANA LINGKUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Koridor Jalan Tanjung Barangan, Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang)

Authors

  • Sri Wulan Dari Wulan Universitas Indo Global Mandiri
  • Herda Sabriyah Dara Kospa Universitas Indo Global Mandiri

Abstract

Pembangunan perumahan di Kelurahan Bukit Baru yang awal mulanya hanya suatu kawasan yang belum ramai namun semakin meningkatnya jumlah penduduk dan permintaan akan tempat tinggal, maka maraknya pembangunan akan perumahan meningkat pesat. Tepatnya di Kawasan Koridor Jalan Tanjung Barangan. Oleh karena itu, pembangunan perumahan mempengaruhi masyarakat yang bermukim maupun bagi masyarakat pendatang di Kawasan koridor Jalan Tanjung Barangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembangunan perumahan terhadap kegiatan perekonomian seperti meningkatkan usaha perdagangan dan jasa, pendapatan, dan perubahan harga lahan. Pembangunan perumahan di Kawasan Tanjung Barangan juga dapat mempengaruhi terhadap sarana yakni sarana pendidikan, sarana kesehatan, sarana peribadatan dan sarana keamanan, serta pengaruh terhadap prasarana lingkungan yang mencakup seperti jaringan jalan, jaringan listrik, jaringan drainase, penyediaan air bersih, dan penyediaan persampahan. Metode yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS (Statistical Package for the Sosial Sciences). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini telah membuktikan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan cara penyebaran kuesioner dengan analisis regresi bahwa pembangunan perumahan berpengaruh kuat terhadap kondisi ekonomi, sarana dan prasarana di Koridor Jalan Tanjung Barangan.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Wulan, S. W. D., & Sabriyah Dara Kospa, H. (2024). PENGARUH PEMBANGUNAN PERUMAHAN TERHADAP KONDISI EKONOMI, SARANA, DAN PRASARANA LINGKUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Koridor Jalan Tanjung Barangan, Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang). Journal Of Plano Studies, 1(1), 32–39. Retrieved from https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/jops/article/view/4240

Issue

Section

Artikel