Analisis Implementasi 3R Pada Pengelolaan Sampah

Authors

  • Nanik Eprianti Universitas Islam Bandung
  • Neng Dewi Himayasari Univeristas Islam Bandung
  • Ilham Mujahid Universitas Islam Bandung
  • Popon Srisusilawati Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v6i2.1437

Abstract

Sampah berpotensi menciptakan masalah kesehatan lingkungan dan kerusakan alam, dengan tidak sadar sampah dapat menimbulkan bencana alam buatan seperti banjir dsb. Di Desa Jatihandap terdapat masalah pada penumpukan sampah basah di beberapa sudut lingkungan yang cukup mengganggu warga, keberadaan sampah tersebut menimbulkan bau yang menyengat dan mendatangkan hewan yang dikhawatirkan pembawa penyakit. Salah satu solusi yang dapat membantu menanggulangi sampah adalah dengan program 3R untuk pengelolaan sampah yaitu reduse, recycle, dan reuse (3R).

Penelitian ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) yang bertujuan menjadikan warga masyarakat sebagai peneliti, perencana, dan pelaksanaan program pembangunan dan bukan sekedar obyek pembangunan. Masyarakat dapat membantu dalam menjaga lingkungan dan kesehatan sekitar dengan menyadari bahwa keberadaan sampah adalah hal yang buruk dan berdampak negativ terhadap kesenjangan bermasyarakat.

Author Biographies

Nanik Eprianti, Universitas Islam Bandung

Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Neng Dewi Himayasari, Univeristas Islam Bandung

Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Ilham Mujahid, Universitas Islam Bandung

Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Popon Srisusilawati, Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

Perbankan Syariah, Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

References

Brigita, G., & Rahardyan, B. (2013). Analisa Pengelolaan Sampah Makanan di kota Bandung. Jurnl Teknik Lingkungan Vol 19 No 1, 34.

Macnaughton, J, P., & Barthel. (2010). Food Waste Within Food Supply Chains Kuantification and Potensial for Change to 2050,. Phil Trans.r.soc.,vol.365, 3065-3081.

Mulasari, S. A., Husodo, A. H., & Muhajir, N. (2014). Kebijakan Pemerintah Dalam Pengelolaan Sampah Domestik. Jurnal Kesehatan Masyarakat nasional Vol. 8 No.8, 405.

Riswan, Sunoko, H. R., & Hidayarto, A. (2011). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan vol 9 No 1, 31.

Subekti, S. (2010). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Vol 1 No 1, 3.

Suryati, T. (2009). Bijak dan Cerdas Mengolah Sampah Membuat Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Agromedia Pustaka.

suyoto, b. (2008). Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Jakarta: Prima Media.

Wardhana, W. A. (1995). Dampak Pencemaran Lingkungan . Yogyakarta: Andi offset.

Wulandari F. (2014). Evaluasi Keberlanjutan Prospek Pengelolaan Sampah Studi Kasus Bank Sampah di Kota Makassar.

Yasa, Ekonomi, & Udayana. (2013). Sampah di Kabupaten Badung Sebagaimana Mestinya Jelas Akan Berdampak Terhadap Pencemaran Lingkungan. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/indeks.php/EEB/article/view/5380

Downloads

Published

2021-08-21

How to Cite

Eprianti, N., Himayasari, N. D., Mujahid, I., & Srisusilawati, P. (2021). Analisis Implementasi 3R Pada Pengelolaan Sampah. Jurnal Ecoment Global, 6(2), 179–184. https://doi.org/10.35908/jeg.v6i2.1437

Issue

Section

Articles