PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN (STUDI KASUS DINAS PERTAMBANGAN DAN ENERGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

Hendry Wijaya, Emi Susanty

Abstract


Pada penelitian ini terdapat dua variabel yang akan melewati proses pengolahan dan pembahasan data sehingga dapat ditarik kesimpulan, kedua variabel tersebut adalah Lingkungan Kerja (variabel bebas) dan Kinerja Pegawai (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin). Penelitian ini dilakukan disalah satu instansi pemerintah daerah Kabupaten Musi Banyuasin yaitu pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini mengggunakan data primer maupun sekunder. Teknik analisis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana menggunakan persamaan statistika dalam mengolah dan melakukan pembahasan data yang diperoleh dari responden melalui media kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan besaran skor pengaruh hasil uji regresi adalah sebesar 0,470.

 

Kata kunci: Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF

References


Mahsum, M. 2006. Manajemen Kinerja, Penerbit Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu 2006, Manjemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Jakarta: Penerbit Badan Penerbit IPWI.

Mathis, Robert L dan John H Jackson, 2006, Human Resource Management, terjemahan, Edisi Kesepuluh, Jakarta, Salemba Empat.

Nitisemito, Alex S, 2007. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, Fariz Ramanda, Utami, Hamidah Nayati & Hakam, M.S. 2013. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Naraya Telematika Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6, No 1.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v2i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ECOMENT GLOBAL : Kajian Bisnis dan Manajemen

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Program Studi Magister Manajemen
  • 6th Floor, Indo Global Mandiri University, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Havis  (+62 813-1554-5733)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.