PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 14 KOTA PALEMBANG

Authors

  • Tri Pradnya Parata SMP Negeri 14 Palembang
  • Muhammad Zawawi Program Magister Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktive
terhadap prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini diadakan
di SMP Negeri 14 palembang dengan sampel penelitian adalah siswa
kelas VII-8 dan VII-9 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-10
dan VII-11 sebagai kelas kontrol. Skema yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Skim Kuasi Eksperimental dengan desain penelitian
pretest-postest non equivalenten group design.
Penelitian ini menunjukkan bahwa ada motivasi belajar yang berbeda
yang tidak signifikan antara siswa yang menggunakan multimedia
interaktif dengan mereka yang mendapat pembelajaran melalui
strategi konvensional. Hasil lain menunjukkan bahwa terdapat
hasil studi kognitif yang berbeda yang signifikan antara siswa
yang menggunakan multimedia interaktif dengan mereka yang
mendapat pembelajaran melalui strategi konvensional.
Diharapkan multimedia interaktif dapat digunakan sebagai alternatif
pembelajaran biologi di samping pembelajaran media lainnya.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Motivasi, Kemampuan kognitif


Author Biographies

Tri Pradnya Parata, SMP Negeri 14 Palembang

Ekonomi

Muhammad Zawawi, Program Magister Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Program Studi Manajemen Program Magister

References

Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA- Bilogi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pria dan wanita SMP 19 Kota Jambi, Tesis Universitas Jambi.

……….., 2013, Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA-Biologi Terhadap Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa SMP 19 Jambi,Tesis Universitas Jambi.

Afrian, Rio, dkk, 2013, Pengaruh Peembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar, Lampung, Tesis Universitas Lampung.

Alim Sumarno, 2011, Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan, https:// elearning, unesa.ac.ad/myblog/ Jurnal Alim Sumarno mei 2011.

Ancok, Djamaludin,. 1989, Validitasdan Reliabilitas Intrumen Penelitian, Jakarta: LP3ES.

Amelia, Dwi Risky, 2016, Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata pelajaran Bahasa Arab Di Kelas X SMA Muhammadyah 6 Palembang, Tesis Universitas Islam Negeri Palembang.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

……….., 2008, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi.2, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar, 2010, Media Pembelajaran, Yogyakarta, Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.

Astaqauliyah, 2006, Teori Motivasi dan Pemgukuran Analisis di Bidang Pendidikan, Astaqauliyah.com.

Candra, A.Evi, 2012, Pengaruh Media Pembelajaran interaktif melalui Siklus Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar,Tesis Universitas Malan.

Daryanto, 2016, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta, Penerbit Gava Media.

Dewi, Arfita Restu Kurnia, 2011, Analisa Dan Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Biologi Untuk SMA. Kelas X, Yogyakarta, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Computer.

Dimyanti dan Mudjono, 2006, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

……, 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djali, H.P dan Muljiono, 2007, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta, PT.Grasindo.

Djamarah S.B, 2008, Psikologi Belajar, Edisi 2, Jakarta, Rineka Cipta.

Faturrohman, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Rafika Aditama.

Hamalik, Oemar, 2011, Media Pendidikan, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hamalik, Oemar (2001) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herlina, 2014, Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada STMIK handayani Makassar, Jurnal Penelitian komunikasi dan Opini Publik Vol.18 no.3, Desember 2014;241-254.

Husein, Sadam, dkk, 2013, Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan ketrampilan Berpikir Kritis Siswa pada materi Suhu Dan kalor, Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN 2407-6902).

Kartikasari, Galuh, 2016, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia, Jurnal Penelitian Vol.16, No.1, 2016, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ula Kertasono.

Kasiono Trans, dkk, Pengaruh Penggunaan Multimedia, Sumber Belajar, Nilai Karakter Terhadap Hasil belajar Tesis Universitas lampung.

Muklis, 2010, Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Multimedia Di Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Raudhatul Ulum, Sakatiga indralaya Ogan Ilir, Tesis, Institut Agama Islam Negeri Palembang.

Mulyati, https://www tokopedia.com/took buku/Teori Motivasi dan Pengukuran.

Motivasi Belajar, 2015, Angket Motivasi Belajar Setiap Mata Pelajaran: http://www.belajar bagus. Net/2015/04/angket-motivasi-belajar.html

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Pasal 1 Nomor 3 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud, No.53 tahun 2015, Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama.

Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014 Diakses tanggal November 2015

Riduwan,2004, statistik untuk lembaga dan Instansi Pemerintah/Swasta, Penerbit Afabeta Bandung.

Rusman, 2012, Belajar dan pembelajaran Berbasis Multimedia, Penerbit Alfabeta Bandung, 332 hlm.

Saiful, 2008, Kompetensi Mengajar Guru Biologi Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri, Kota Palembang (Penerapan Multimedia Pada Pembelajaran Ekresi), Tesis Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Palembang.

Sani, A. Ridwan, 2014, Inovasi pembelajaran, Jakarta, Penerbit PT.Bumi Aksara 314 hlm.

Sardiman A. M, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo.

Slavin, R, E, 1995 Cooperatip Learning: Theory,Reseach, and Practice Secoun Edition. Massachusett: Allyln and Bacon.

Sudijono, Anas, 2010, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta rajawali Pers.

Sudrajat, A, https://Akhmad Sudrajat Wordpress.com/ 2008/02/06/ Jurnal Teori – teori Motivasi dan Pengukuran di Bidang Pendidikan.

Sugiono, 2009, Metode Penelitian Tindakan Kelas Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Penerbit Alfabeta.

………., 2007, Statistik Untuk penelitian, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Soekidjo Notoatmodjo, 2010, Teori dan Aplikasi, edisi revisi, Jakarta, Rineka Cipta.

Sumarno, https:// Sumarnowordpress.com/2011/ Jurnal Teori – teori Motivasi dan pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan.

Sumiati dan Asra, 2009, Metode Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima.

Sutarno, 2011, Penggunaan Multimedia Interaktif, pada pembelajaran medan magnet untuk meningkatkan keterampilan berfikir generik sains mahasiswa. Jurnal Exacta Vol IX (1).

Suparno, Paul, 2001, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yoogyakarta: Penerbit Karnisius.

Uno, H.B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukuran, Jakarta, Bumi aksara.

Tangkas, I Made, 2012, Pengaruh Implementasi model Pembelajaran Inkuari Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan ketrampilan Proses sains Siswa kelas X SMA 3, Amlapura, Tesis Universitas Pendidikan Ganesha.

Umti’ah, 2012, Penerapan Multimedia Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al- Islam Di Sekolah Menengah Atas Muhammadyah 2, Palembang, Tesis Institut Agama Islam Negeri Raden fatah Palembang.

Vony, 2015, Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Hakikat Geografi Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS. SMA Negeri 2, Jayapura, Tesis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Zamzam, Fakhry, 2015, Teknik Dasar Menulis Proposal Tesis, Palembang, Penebit Noer Fikri.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Parata, T. P., & Zawawi, M. (2018). PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 14 KOTA PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 52–78. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.476

Issue

Section

Articles