PENGARUH KULTUR ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN PADA POLDA SUMATERA SELATAN

Denny Yono Putro, Sri Rahayu, Omar Hendro

Abstract


Pengaruh Kultur Organisasi, Motivasi Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Anggota Kepolisian pada Polda Sumatera Selatan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh kultur organisasi, motivasi kerja, dan kompetensi terhadap kinerja Anggota Kepolisian pada Polda Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kultur organisasi, motivasi kerja, dan kompetensi terhadap kinerja Anggota Kepolisian pada Polda Sumatera Selatan. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, Kultur organisasi, motivasi, dan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja. Kedua, Kultur organisasi, motivasi, dan kompetensi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Anggota Kepolisian pada Polda Sumatera Selatan.
Penelitian ini memberikan rekomendasi, pertama Pimpinan yang ada di tingkat Polda Sumsel di masing – masing Satuan Kerja harus lebih tegas dalam pemberian sanksi bagi Anggota. Kedua, Pimpinan Polda Sumsel seharusnya lebih meningkatkan lagi kultur organisasi pada lingkungan Polda Sumsel, seperti dengan lebih menekankan lagi bahwa kultur pada Polda Sumsel, sudah bukan lagi militeristik, namun sudah berubah menjadi Melindungi dan Mengayomi Masyarakat. Ketiga, Pimpinan disetiap levelnya diharapkan memiliki terobosan-terobosan yang menarik dalam memberikan motivasi kepada anggotanya sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam bekerja. Keempat, Pimpinan Polda Sumsel harus selalu melakukan pengawasan yang ketat terhadap anggota-anggotanya secara berjenjang pada satuan kerja dan terus selalu mengingatkan bahwa tugas mereka adalah melayani masyarakat. Jika pelayanan yang diberikan buruk, maka kepercayaan masyarakat terhadap Polda Sumsel pada khususnya dan Kepolisian Negara Republik Indonesia pada umumnya akan menurun. Selain itu pimpinan juga harus memberikan peluang bagi seluruh anggotanya yang memiliki persyaratan yang cukup untuk mengikuti pendidikan di semua level jenjang pendidikan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki anggota tersebut, untuk meningkatkan karier di Kepolisian.

Kata kunci : Kultur Organisasi, Motivasi Kerja dan Kompetensi serta Kinerja.


Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Armstrong. M. (2010). Performance Management. Clays, Ltd. St. Ives Ple, England.

Duwi Priyatno. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit: PT. Buku Seru.

Gibson, James L., Ivancevich, John M., Donnelly, James H., dan Konopaske, Robert. (2010). Organizations : Behavior, Structure, Processes. McGraw Hill. New York. Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Jakarta: Penerbit PT. Bina Rupa Aksara.

Greendberg, Jerald, Robert A. Barron. (2010). Behavior in Organization, Fourth Edition, USA: Allyn and Bacon.

Griffin, Ricky W (2012). Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep-konsep kualitas dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Kerja sama Antara Yayasan Indonesia Emas dan PT Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Mendiknas Nomor 045 Tahun 2002. tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Luthans, Fred. (2011). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Company. (Edisi Bahasa Indonesia). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Mathis Robert, L., Jackson John H. (2012). Human Resource Management (Penerjemah: Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie). Buku 2, Edisi Kesembilan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nasir Azis dan Mukhlis Yunus. (2012). Pengaruh Kompetensi dan Penempatan (Job Placement) terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen. ISSN 2302-0199. pp. 183- 201. Volume 1, No. 1, Agustus 2012.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2011 tentang Penilaian Kinerja bagi Pegawai Negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Sistem Manajemen Kinerja.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012, tentang Mutasi Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016, tentang Penyelenggaraan Assessment Center Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016, tentang Sistem Pembinaan Karier Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Diklat Jabatan PNS

Peraturan Pemerintah No. 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Assessment Center Kepolisian Negara Republik Indonesia

Robbins, Stephen P. (2011). Organizational Behavior : Concepts, Controversies, and Appications. (Penerjemah: Diana Angelica), New Jersey : Englewood Cliffs. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Schermenharn, John R. (2012). Management. (Edisi Bahasa Indonesia). Yogyakarta: Penerbit PT. Andi Offset

Sri Nurhayati dan Slamet Mulyo (2007). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah kota Pekalongan). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5, Hal. 847-852.

Stoner, James A.F. (2011). Management. Jilid I (Edisi 6). (Ahli Bahasa: Alexander Sindiro). Jakarta: Penerbit: Prehalindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelimabelas. Bandung: Penerbit: CV. Alfabeta.

Syafri Syarifuddin. (2010). Pengaruh Nilai-nilai Kultur organisasi dan Kode Etik Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Studi kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Palembang) (24.035-SDM)

Syukriy Abdullah dan Safwan Nadirsyah.. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Akuntansi. ISSN 2302-0164. pp. 133- 139. Volume 3, No. 1, Februari 2014.

TAP MPR Nomor. VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan Peran POLRI

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Veithzal, Riva’i. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahan (dari Teori ke Praktek). Edisi Kedua. Cetakan Keempat. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Werther W, B. (2012). Human Resource and Personnel Management. Fourth Edition. Singapore: Mc Graw-Hill Book Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v4i1.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ECOMENT GLOBAL : Kajian Bisnis dan Manajemen

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Program Studi Magister Manajemen
  • 6th Floor, Indo Global Mandiri University, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Havis  (+62 813-1554-5733)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.