Minat Beli Produk Hijau pada Generasi Milenial

Retno Budi Lestari, Kardinal Kardinal

Abstract


Abstract

The Pollution and  environmental damage triggers changes in consumer behavior to be aware of environmental issues. They are more interested to buy green product. Green Marketing phenomenon is the marketing of products that are presumed to be environmental safe.  This paper aimed  to analyse the effect of  environmental conscious behavior concist of ecological knowledge and ecological concern to green purchase intention among millennials.  The practical research benefit was to  to get a good understanding of marketers about the millennials behavior towards green products.  Data collection through questionnaire was obtained from 120 millennial consumers.  The sampling technique  used accidental sampling approach.  Data was analysed using multiple regression. Research findings showed that ecological knowledge and ecological concern had a simultaneous and partial influence to green purchase intention. green purchase intention was reinforced by the demographics factors of gender, age, level of education, employment and monthly expenditure. Based on the result, marketers must be more intensive conducted many green product campaings in order to improve consumer knowledge about environment sustainability.   Marketers should be targeted woman age between 30 to 35 years old and also  have a good academic education.  They have higher green product intention compare with men therefore it is a good market potential for green product. 

Keyword : ecological knowledge, ecological concern, green purchase intention, millennials

Abstrak

Polusi dan kerusakan lingkungan alam telah mendorong perubahan pada perilaku consumer. Mereka lebih sadar terhadap isu-isu lingkungan dan lebih tertarik untuk membeli produk hijau.  Fenomena pemasaran hijau  merupakan aktivitas pemasaran yang lebih ditujukan untuk keramahan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perilaku kesadaran lingkungan yang terdiri dari variabel pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan terhadap minat beli produk hijau pada generasi milenial.  Manfaat penelitian secara praktis adalah  dapat  memberikan pemahaman yang lebih baik bagi pemasar tentang sikap milenial terhadap produk hijau.  Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diperoleh 120 responden konsumen milenial.  Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling accidental.  Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukkan variabel ecological knowledge dan ecological concern berpengaruh secara simultan  dan parsial terhadap minat beli produk hijau.    Minat beli produk hijau dapat diperkuat dari karakteristik demografis seperti gender, usia,tingkat  pendidikan, pekerjaan dan pengeluaran responden.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka bagi pemasar agar lebih intensif untuk melakukan kampanye program yang  bertujuan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan alam.  Pemasar perlu menyasar pada segmen wanita  dengan usia   30 s/d 35 tahun dan berpenghasilan tetap serta memiliki latar belakang pendidikan akademis dikarenakan segmen tersebut memiliki minat beli yang lebih tinggi dibanding segmen pria sehingga merupakan pasar potensial untuk produk hijau. 

Kata kunci : Pengetahuan Lingkungan, Kepedulian Lingkungan, Minat Beli Produk Hijau, Milenial 

Full Text:

PDF

References


Adiwaluyo, Eko. 2018. Lewat GreenMate, Lock and Lock Tegaskan Kepedulian pada Lingkungan. Online : http://marketeers.com/lewat-greenmate-locklock-tegaskan-kepedulian-pada-lingkungan/

Albayrak, T. Aksoy S. dan Caber (M).2013.The effect of environmental concern and scepticismon green purchase behavior. Marketing intelligence and Planning 31 (1) , 27-39

Altinigne, Nesenur dan Wuhrer, Bilgin Zeynep.2015. The Effect of Environmental Attitudes on Environmentally Consious Behavior of University Students. Online : http://www.researchgate.net/publication/299556038

Aman, Lizawati, Harun Amran dan Hussein, Zuhail.2012. The Influence of Environmental Knowledge and Concern of Green Purchase Intention The Role of Attitude as Mediating Variable. British Journal of Arts and Social Sciences

Bachdar, Saviq.2018. Innisfree Hadirkan Produk Anti - Aging untuk Millenial. Online : http://marketeers.com/innisfree-hadirkan-produk-anti-aging-untuk-milenial/

Bubeinheim, Jessica, 2018, Who are the LOHAS Target Market Segment ? Online. https://www.cyberclick.es/numericalblogen/who-are-the-lohas-target-market-segment

Bucic, Tania.Harris, Jennifer dan Arli, Denni.2012. Ethical Consumers Among The Millenials- A Cross National Study. Journal of Bussiness Ethics. Online : https://research-repository.griffith.edu.au/handle/10072/47266

Chan, R.Y.K dan Lau, L.B.Y.2000. Antecedents of Green Purchases : A Survey in China. Journal of Consumer Marketing. Diakses online:https://www.researchgate.net/publication/235281491

Dagher, Grace K., Itani, Omar dan Abdul Nasser Kassar.2015. The effect of Environment Concern and Attitude on Green Purchase behavior : Gender as The Moderator . Contemporary Management Research Vol. 11 No.2 June 2015

Djatmiko, Harmanto Edy. 2017. Semakin Akrab Dengan Bisnis Hijau. Majalah Swa Edisi XXXIII 10-23 Mei 2017

Ferdinand, Augusty.2006. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. BP Undip, Semarang

Jaiswal, Deepak dan Rishi Kant. 2017. Green Purchasing Behavior : A Conceptual Framework and Empirical Investigation of Indian Consumer. Journal of Retailing and Consumer Services.

Kaiser, Florian G.Wolfing, Sybille dan Urs Fuhrer.1999. Environmental Attitude and Ecological Behavior. Journal of Environmental Psychology

Koelnner, Eva Conraud dan Luis Arturo Rivas Tovar. 2009. Study of Green behavior with a Focus on Mexican Individuals. Scientific Research ,online :http://www.SciRP.org/journal/ib

Kotler, Philip dan Garry Armstrong.2015. Principles of Marketing. Pearson : Global Edition

Lee, You Kyung.2017. A Comparative Study of Green Purchase Intention between Korean and Chinese Consumers: The Moderating Role of Collectivism. Sustainability , online: www.mdpi.com/journal/sustainability

Paramita, Nyoman Dara dan Ni Nyoman Kerta Yasa. 2015.Sikap Dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan Dengan Niat Beli Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.17 No.2

Peter, Paul J dan Jerry C. Olson.2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Salemba Empat Jakarta

Priyanto,Dwi.2011. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta, Gava Media

Ramly, Zuraidah.Hashim, Nor Hashima dan Yahya, Wan Khaltom.2012. Environmental Consious Behavior Among Male and Female Malaysian Consumers. OIDA Conference Environmental Behavior.

Sarumathi, S. 2014. Green Purchase Behavior- A Conceptual Framework of Socially Concious Consumer Behavior. Global Journal of Finance and Management. Vol6. Number 8

Sugiyono,2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Suwarso, Nurul Eko Hidayah dan Ni Made Wulandari K.2015. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Niat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Pada Pertamax di Denpasar).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.