Penggunaan Metode IPA dan WebQual untuk Mengukur Kualitas Sistem Informasi Akademik

Authors

  • Dafid Dafid STMIK Global Informatika MDP

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.540

Abstract

Abstract

 Academic Information System is an online and interactive learning information system owned by universities. Its function is very important to support the academic activities and to improve the quality of teaching and learning. Excelllent educational services which good quality and easy to use can be reached by improving the quality of the learning web. In an effort to optimize the contribution of information technology and ensure the web services that have been provided are appropriate, it is necessary to know the level of service provided to improve quality. This research was conducted using the IPA method (Importance-Performance Analysis) which is used to measure the level of user satisfaction with the services provided and using the WebQual method to measure the quality of the learning web used. Data collection is done by conducting a questionnaire on STMIK XYZ Palembang students by giving 2 questions. Measurements are made by comparing the value between performance and importance of the assessment variable. The results showed that the quality of the SIA Simponi STMIK XYZ had not met the expectations of the users, so it was necessary for the manager to improve the services provided for all dimensions, namely usability (U), information quality (I), interaction quality (A) especially for variables which is included in  fourth quadrant.

Keyword : Academic Information System, WebQual, Importance-Performance Analysis

Abstrak

Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi pembelajaran online dan interaktif yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Fungsinya sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan akademik maupun peningkatan kualitas belajar mengajar. Layanan  pendidikan yang berkualitas secara fungsionalitas maupun yang mudah dalam penggunaan dapat dilakukan melalui perbaikan dan peningkatan kualitas web pembelajaran. Dalam usaha mengoptimalkan kontribusi teknologi informasi dan memastikan layanan web yang telah diberikan telah sesuai maka perlu diketahui tingkat layanan yang diberikan guna peningkatan kualitas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode IPA (Importance-Performance Analysis) yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna atas layanan yang diberikan serta menggunakan metode WebQual untuk mengukur kualitas dari web pembelajaran yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kuesioner terhadap mahasiswa STMIK XYZ Palembang dengan memberikan 2bentuk pertanyaan. Pengukuran dilakukan dengan membandingkan nilai antara performance dengan importance dari variabel penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas SIA Simponi STMIK XYZ belum memenuhi harapan dari pengguna sehingga perlu upaya dari pihak pengelola untuk memperbaiki layanan yang diberikan untuk semua dimensi yang ada yaitu usability(U), information quality(I), interaction quality(A) terutama untuk variabel-vararibel yang termasuk dalam kuadran empat

Kata kunci : Sistem Informasi Akademik, WebQual, Importance-Performance Analysis

Author Biography

Dafid Dafid, STMIK Global Informatika MDP

Program Studi Sistem Informasi

References

Brandt, D.R., 2000. An “outside-in†approach to determining customer-driven priorities for improvement and innovation. White Paper Series, 2(2), pp.1-8.

Dafid, and Novita, D., 2018. Metode WebQual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Web Pembelajaran. Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi, 1(2), pp.17-21.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi), Bumi Aksara, (2005), pp:30.

Latu, T.M. and Everett, A.M., 2000. Review of satisfaction research and measurement approaches. Wellington, NZ: Department of Conservation.

Magal, S.R. and Levenburg, N.M., 2005, January. Using importance-performance analysis to evaluate e-business strategies among small businesses. In null (p. 176a). IEEE.

Martilla, J.A. and James, J.C., 1977. Importance-performance analysis. The journal of marketing, pp.77-79.

Martinez, C.L., 2003. Evaluation report: tools cluster networking meeting# 1, CenterPoint Institute. Inc, Arizona.

Mulyati, M., 2017. Pengaruh Kualitas Sistem Dan Informasi Pada Sistem Informasi Pembelajaran Online Terhadap Minat Pengguna Dan Penggunaan Sistem (Studi Kasus: Simponi AMIK MDP, STMIK GI MDP DAN STIE MDP). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(2), pp.90-100.

Sanjaya, I., 2012. Pengukuran Kualitas layanan website kementerian kominfo dengan menggunakan metode webqual 4.0. Jurnal penelitian iptek-kom, 14(1), pp.1-14.

Santoso, B.S., Anwar, M.F. and Hermawati, S., 2016. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. In National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE). Yogyakarta: citee.

Downloads

Published

2018-12-14

How to Cite

Dafid, D. (2018). Penggunaan Metode IPA dan WebQual untuk Mengukur Kualitas Sistem Informasi Akademik. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 9(2). https://doi.org/10.36982/jiig.v9i2.540

Issue

Section

Articles