Perancangan Antarmuka Aplikasi Konversi Bilangan dan Warna Berbasis Android

Yesi Sriyeni, Maria Veronica

Abstract


ABSTRACT

Learning activities do not always have to be done in the form of face-to-face lecture meetings. Learning can be done anywhere as long as it is supported by appropriate tools such as multimedia. The use of appropriate and interesting learning multimedia is felt necessary to increase student interest and learning achievement. Just like the material conversion of numbers and colors that have been considered as material that is quite difficult to be absorbed directly by students. Therefore, it is deemed necessary to design a media that can help lecturers convey material conversion of numbers and colors lighter and the material will be more easily understood by students. The multimedia interface design of learning numbers and color conversions is designed to be developed on the Android platform with a user centered design (UCD) approach. Interface testing is still carried out by researchers and only a few user samples. This is done in order to get feedback from a sample of users regarding the interface design that has been made so that it is right on target. There are several pages consisting of a splash page, a menu page, an introductory page, a study material page, a number calculator page, a color calculator page, a practice page, and a quiz page. Specifically for the quiz page, all quiz questions are planned to be timed. It aims to measure the success of absorption of numbers and color conversion material in the teaching and learning process carried out by students and lecturers.

 

Keywords : android, multimedia, interface, calculator

ABSTRAK

Kegiatan pembelajaran tidaklah harus selalu dilakukan dalam bentuk pertemuan kuliah langsung bertatap muka. Belajar bisa dilakukan dimana pun asalkan didukung dengan tools yang tepat seperti multimedia. Penggunaan multimedia pembelajaran yang tepat dan menarik dirasa perlu untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar mahasiswa. Sama halnya seperti materi konversi bilangan dan warna yang selama ini dianggap sebagai materi yang cukup susah untuk diserap langsung oleh mahasiswa. Oleh karena itu dirasa perlu merancang sebuah media yang dapat membantu dosen menyampaikan materi konversi bilangan dan warna dengan lebih ringan dan materi pun akan lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Desain antarmuka multimedia pembelajaran konversi bilangan dan warna ini dirancang untuk dikembangkan pada platform android dengan pendekatan user centered design (UCD). Pengujian antarmuka masih dilakukan oleh peneliti dan beberapa sampel pengguna saja. Hal ini dilakukan guna mendapatkan umpan balik dari sampel pengguna mengenai desain antarmuka yang sudah dibuat sehingga tepat sasaran. Terdapat beberapa halaman yang terdiri dari halaman awal (splash page), halaman menu, halaman pendahuluan, halaman materi belajar, halaman kalkulator bilangan, halaman kalkulator warna, halaman latihan, dan halaman kuis. Khusus untuk halaman kuis, pengerjaan semua soal kuis direncanakan untuk diberi batas waktu. Hal ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan penyerapan materi konversi bilangan dan warna dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.

Kata kunci : android, multimedia, antarmuka, kalkulator

Full Text:

PDF

References


Akhsan, A.A. dan Faizah. 2017. Analisis Dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder Dengan User-centered Design. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), Volume 13, Issue 2, October 2017. DOI: http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v13i2.555.

Constantine, L. and Lucy Lockwood. Usage-Centered Engineering for Web Application. IEEE Software 19(2): 42-50, April 2002. https://www.researchgate.net/publication/3247829_Usage-centered_engineering_for_Web_applications

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, halaman 49.

Fauzia, S., Agustin, F.I.M., Syaripudin, U., dan Ichsani, Y. 2016. Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang.com Dengan Teknik Flat Design Pada PT Selaras Utama Internasional. Jurnal Teknik Informatika Vol.9 No.2, Oktober 2016, halaman 148-157.

Handayani, F.S.. 2016. Konsep dan Desain Multimedia Pembelajaran Kalkulator Konversi Bilangan dan Warna Prosiding CITISEE 2016 ISBN: 978-602-60280-1-3

Kartikasari, G.. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia : Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian Vol.16, No.1, Juli 2016. Diakses pada halaman http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/view/139

Millward, S. Indonesia to be world’s fourth-largest smartphone market by 2018. https://www.techinasia.com/. Web. 23 Dec 2014. Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.

Norman, D. A., and Draper, S. W. 1986. User Centered Design. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.

Oktaviani, T., Widyawan, dan Bimo Sunarfi Hantono. 2014. Perancangan User Interface Berbasis Web Untuk Home Automation Gateway Yang Berbasis IQRF TR53B. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), Yogyakarta, 15 Maret 2014, ISSN:2089-9813

Paskalis, P., H. Hidayati, E. Darwiyanto. 2015. Implementasi User Centered Design untuk Merancang Antarmuka Sistem Informasi Eksekutif pada PT Pos Indonesia. e-Proceeding of Applied Science : Vol.1, No.1 April 2015. ISSN : 2442-5826

Rauschenberger, M., dkk.2013. Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. International Journal of Artificial Intelligence and Interactive Multimedia, Vol. 2, No 1.

Roth, R. E. 2017. User interface and User Experience (UI/UX) Design. The Geographi Information Science & Technology Body of Knowledge (2nd Quarter 2017 Edition), John P. Wilson (ed.).

Saputri, I.S.Y., , M. Fadhli , I. Surya. 2017. Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. ISSN (Online) 2476-8812. https://doi.org/10.25077/ TEKNOSI.v3i2.2017.269-278.

Tanzil, F., Aulia, A., Machyar, M.R.R., Sembiring, E.F., dan Ridwan, M. 2018. Pengembangan Aplikasi Game Mobile “Batik Yuk” Berbasis Android. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer Vo.7 No.28, Oktober-Desember 2018.

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jig.v10i2.855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.