KERAJINAN RAJUT SEBAGAI PRODUK CENDRAMATA DI NAGARI TUO PARIANGAN

Hanafi Hanafi, Suryanti Suryanti, Hendra Hendra

Abstract


Tujuan jangka panjang dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan potensi dari desa wisata Nagari Pariangan. Dengan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung tentunya perlu didukung dengan kesiapan masyarakat untuk memaksimalkan potensi wisatawan yang ada. Tujuan khusus kegiatan adalah pembuatan souvenir khas Pariangan merupakan salah satu target yang harus dimaksimalkan sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat . Pelaksanaan kegiatan yang berkesinambungan  akan mengembangkan dan mempopulerkan kerajinan rajut handmade ke masyarakat di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan kerajinan rajut merupakan salah satu penggerak ekonomi kreatif yang tentunya bisa meningkatkan pendapatan dari masyarakat. Karena dengan memiliki kemampuan merajut, maka seorang pengrajin akan mampu menghasilkan uang sendiri tanpa harus bergantung ke orang lain. Target khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mempersiapkan kerajinan rumah rajut syafir menjadi salah satu usaha kriya yang bisa bersaing di Sumatera Barat. Apalagi kerajinan rajut masih belum populer di Sumatera Barat dibandingkan kriya tekstil lainnya seperti tenunan dan bordir.  Dengan meningkatnya popularitas kerajinan rajut Syafir tentunya juga akan meningkatkan taraf hidup pengrajin dan masyarakat sekitar. Dari pengumpulan data yang ada di lapangan nantinya diharapkan terpetakan masalah bentuk dan karakteristik kerajinan rajut syafir dan siap dikembangkan untuk mengantisipasi kebutuhan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi dan pengamatan serta terjun langsung untuk mengumpulkan data di lapangan. Data ini nantinya akan diolah dan bedah dengan teori yang ada sehingga diperoleh gambaran untuk pengembangan kerajinan rajut itu sendiri. Akhirnya penelitian ini akan mendapatkan gambaran model dan kreasi yang nantinya bisa diterapkan oleh pengrajin untuk pengembangan produk kedepannya.

Kata kunci : Kerajinan Rajut, Produk, Cendramata

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2015. Pengembangan Model Wisata Ekonomi Berbasis Industri Kreatif Berwawasan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Bali. Jurnal Sosio Humaniora. Universitas Pendidikan Ganesha.

Bahri, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sujdana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nuarta, Nyoman. 1999. “Strategi Industri Kerajinan Menghadapi Era Pasar bebas” Semiloka Seni Kriya Dan Pariwisata di Hotel Ambraukma Yogyakarta.

Pang, Thata. 2016. Rajutan Cantik Untuk Pemula. Jakarta. Kata Media.

Puewanggono, 2017. Konsep Desa Wisata. Jurnal Pariwisata STPSS. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36982/jam.v4i1.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.